Wednesday, September 11, 2019

Memperkenalkan Investasi pada Anak

Memperkenalkan Investasi pada Anak

Bukancuma orang dewasa yang perlu belajar dan memahami investasi. Anak kecil pun perlu mengenal investasi sejak dini agar ia bisa menjadi generasi yang cerdas secara finansial. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua untuk mengenalkan investasi pada anak.

Mulai dengan Menabung

Berikan tantangan kepada anak untuk menabung setiap harinya. Dengan menabung, anak akan mendapatkan manfaat dari hasil tabungannya sehingga ia bisa menilai sendiri manfaat menabung bagi dirinya. Sambil mengajari anak menabung, orang tua juga bisa memberikan pemahaman kepada anak tentang pengeluaran, penghematan, pemberian, dan pentingnya menabung untuk masa depan. Misal, jika anak ingin mempunyai mainan, lebih baik ajarkan mereka menabung untuk bisa membeli mainan tersebut daripada langsung membelikan mainan yang diminta. Hal ini akan secara langsung mengajarkan anak tentang pentingnya menyimpan, mengelola, dan mendapatkan hasil setelah bekerja keras.

Ajak Bermain

Orang tua dapat mengenalkan investasi pada anak lewat sebuah permainan. Sekarang ini, sudah banyak permainan investasi saham secara online bagi anak sekolah dasar sehingga orang tua bisa bermain sambil mengajarkan anak berinvestasi dan mendukung rasa ingin tahu dan ketertarikan anak untuk bertanya lebih banyak mengenai investasi. 

Jelaskan dengan Cara yang Tepat

Beberapa organisasi, seperti Junior Achievement, Asosiasi Pasar Industri dan Keuangan Efek, dan Pusat Pendidikan Keuangan Young Americans membuktikan bahwa anak muda mampu menangkap konsep keuangan dan investai jika dikomunikasikan dengan benar. Untuk itu, berbicaralah dengan bahasa yang mudah dicerna oleh anak dan berikan analogi yang sesuai dengan usia dan pengalaman yang mereka punya. Misalnya, ketika orang tua dan anak berjalan-jalan di sebuah wahana permainan, orang tua bisa berbicara soal tiket yang harus dibeli oleh para pengunjung untuk kemudian memberikan keuntungan bagi si pemilik wahana. Dengan begitu, anak akan memahami konsep perekonomian mikro yang sesuai dengan pengalamannya.

Ajarkan Resiko dan Penghargaan

Konsep risiko bisa dikenalkan pada anak lewat permainan. Dengan permainan tim, mintalah anak untuk menilai kelebihan dan kekurangan masing-masing tim sehingga anak sudah mulai belajar menganalisis profil risiko atas sesuatu yang dilihatnya. Sementara itu, berikan penghargaan kepada anak jika ia bisa menebak tim mana yang lebih unggul.

Ingatkan Anak untuk Tetap Berbagi

Saat mengajarkan berinvestasi, jangan lupa untuk ingatkan anak agar berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Konsep berbagi atau beramal ini juga akan membuat mereka lebih cerdas secara emosional dan spiritual sehingga tidak memandang uang sebagai sesuatu yang layak dihambur-hamburkan. Dengan begitu, mereka akan lebih teliti dalam mengelola keuangan. [Invisee]


Ayo berinvestasi di Reksa Dana INVISEE sekarang juga!!!



#duniahawa #investasi #menabung #reksadana #ReksaDana #danareksa #DanaReksa #deposito #bungadeposito #bungadepositomaksimal
#investasianak #anakberinvestasi #memperkenalkaninvestasi

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment