Friday, March 18, 2016

Virus Zika


Dunia Hawa - Gejala-gejala infeksi virus Zika serupa dengan gejala demam berdarah, yakni demam, kulit berbintik merah, sakit kepala.

Virus Zika (ZIKV) ialah sejenis virus dari keluarga flaviviridae & genus flavivirus yg disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan penyakit terhadap manusia yg dikenal dengan nama Demam Zika atau penyakit Zika. 

Penyakit Zika awalnya ditemukan di daerah khatulistiwa Afrika & Asia sejak 1950-an. Penyakit tersebut merupakan wujud dari penyakit demam berdarah di mana sesorang pasien hanya dapat dirawat melalui perawatan istirahat dan tak mampu disembuhkan lewat obat-obatan atau vaksin.

Sejarah Perkembangan dan Penyebaran Virus Zika



Sekitar 2014, virus Zika ini tersebar ke timur melewati Samudra Pasifik ke Polinesia Perancis, setelah itu ke Pulau Paskah & sekitar th 2015, dan tersebar ke Amerika Tengah, Karibia. Hingga sekarang tersebar ke Amerika Selatan sbg satu wabah. sekitar Januari 2016.

Pusat Kontrol & Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengeluarkan larangan perjalanan utk negara-negara yang tejangkit wabah ini, termasuk juga memberikan arahan langkah pencegahan dan menyarankan untuk mempertimbangan buat menunda kehamilan bagi wanita.

Menurut laporan, penularan virus Zika kepada janin dapat menyebabkan mikrosefalus sekitar bayi yg baru lahir. Badan kesehatan dan pemerintah lain juga mengeluarkan peringatan yg serupa seperti Kolombia, Ekuador, El Salvador, & Jamaika, untuk menunda kehamilan supaya risiko penyakit yang ditimbulkan virus tersebut dapat dihindari.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai penyakit yang disebabkan virus Zika di Amerika Latin sekitar akhir th 2015 sampai Januari 2016 sudah cukup mengkhawatirka. Oleh sebab itu, WHO mengumumkan Status Darurat Kesehatan Internasional. Nah mulai saat ini kita semua harus waspada terhadap mewabahnya virus Zika ini. 

Terimakasih anda sudah membaca info tentang Virus Zika, semoga bermanfaat, dan jangan lupa yuk kita berbagi info sehat ini untuk teman anda tercinta. Satu share anda akan menyelamatkan nyawa teman anda.

[info sehat]



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment