Friday, July 22, 2016

Cara mengobati Mata Bengkak dengan cepat


Penting bagi kita mengetahui penyebab dari mata bengkak ini agar kita dapat segera mencegahnya dan bila sudah terlanjur dapat mengobatinya, hal sepele yang dapat membuat mata bengkak seperti setelah menangis, terkena debu, atau mendapat pukulan dibagian mata.

Dunia Hawa – Pernah mengalami bengkak dibagian tubuh anda? Menyakitkan bukan rasanya? Apalagi bengkak nya itu dibagian mata, selain rasa nyeri yang dirasa, hal tersebut juga membuat penampilan kita menjadi kurang bagus, apalagi kalau lagi jalan sama pacar, hehehe.

Penting bagi kita mengetahui penyebab dari mata bengkak ini agar kita dapat segera mencegahnya dan bila sudah terlanjur dapat mengobatinya, hal sepele yang dapat membuat mata bengkak seperti setelah menangis, terkena debu, atau mendapat pukulan dibagian mata.

Mata Bengkak
Penyebab lainnya adalah :

1. Terkena alergi

Akibat pembengkakan kelopak, mata anda akibat alergi ini akan terasa sangat gatal dan juga berair. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh cairan lensa kontak, debu, tetes mata tertentu.

2. Sakit mata (Konjunctivitis)

Hal ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan juga alergi. Bila sudah terkena, biasanya mata anda memerah, berair dan juga kadang gatal-gatal.

3. Bintitan

Banyak yang mengira hal ini terjadi karena ‘dia suka ngintipin mandi cewe makannya matanya bintitan’, padahal bintitan ini terjadi dikarenakan cerobohnya seseorang memegang mata disaat tangan kotor. bintitan ini merupakan kondisi timbulnya sebuah bintil yang menyerupai jerawat kecil pada bagian kelopak mata. Bintitan ini bisa ada diibagian luar ataupun dalam, bila bintitan ini berada di dalam kelopak mata akan terasa lebih sakit daripada bintitan yang berada diluar. Hal ini dikarenakan bakteri stafilokokus menumpang hidup pada bagian kulit manusia.

4. Lensa kontak

Keseringan memakai lensa kontak juga dapat mengalami bengkaknya mata, walapun lensa mata memang lebih praktis daripada kacamata, tetapi harus di ingat lensa kontak tidak boleh sembarangan, karena bila sudah salah dalam memilih lensa kontak akan menyebabkan mata kita menjadi bengkak dan bisa juga terjadi kerusakan pada mata kita. Sebelum memakai lensa kontak, ada baiknya untuk konsultasi kepada dokter mata.

5. Makanan asin

Ternyata makanan yang terlalu banyak garam juga bisa menyebabkan mata kita menjadi bengkak, karena garam akan menahan cairan di bagian mata yang akan membuat mata kita menjadi bengkak. Sebaiknya lebih di forsir lagi makanan mengandung garam nya, bila anda tidak ingin mata anda bengkak.

6. Keseringan begadang

Selain membuat mata kita menjadi lelah karena kurang tidur, begadang juga dapat menyebabkan mata kita menjadi bengkak. Hal itu disebabkan kurangnya istirahat pada mata kita dan mata kita akan muncul andung mata atau lingkaran hitam yang terdapat disekitar mata kita.

Kalau mata kita sudah bengkak yang repot pasti kita sendiri, merasa malu keluar rumah, biasanya seseorang dengan mata bengkak mengurungkan niatnya untuk keluar rumah dan lebih memilih berdiam diri dirumah sampai mata bengkaknya itu sembuh.

Tapi tenang, Kami disini akan memberikan referensi untuk anda yang mempunyai mata bengkak, dengan cara pengobatan alami untuk penyembuhan mata bengkak, yaitu :

1. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung garam

Bila tadi banyak mengkonsumsi makanan asin membuat mata kita menjadi bengkak, maka hindari dulu makanan yang mengandung garam, untuk sementara waktu sampai bengkak dimata anda hilang.

2. Masker mata dengan mentimun

Slain buah yang enak untuk lalapan, ternyata mentimun juga ampuh dalam menyembuhkan mata bengkak. Mentimun ini mengandung astringet yang berfungsi untuk menyegarkan mata yang sembak ataupun bengkak. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup iris 2 potong mentipun lalu taru atas kedua mata anda.

3. Tidur harus cukup

Biasanya penyebab mata begkak adalah dia yang suka begadang, hal tersebut harus kita hindari dulu sampai mata bengkak itu hilang. Tidurlah yang cukup untuk menyembuhkan bengkak dimata anda.

4. Kompres dengan kentang

kentang mengandung asam sifat dan asam fosfat yang ampuh sekali mengurangi bengkak di mata, cara mengkompresnya yaitu tumbuh dahulu kentang sampai halus, lalu kentang dibungkus dengan kain yang tipis, jangan lupa celupkan ke air hangat, terus kompres deh di bagian mata yang bengkak.

5. Pakai teh celup bekas

Bila anda mempunyai bengkak dimata, sebaiknya jangan buang teh celup yang baru anda bikin, karena teh celup itu dapat membantu menyembuhkan bengkak dimata loh, caranya adalah siapkan 2 kantung teh celup yang sudah anda pakai untuk membuat teh, lalu tiriskan kantung teh, setelah dirasa suhu di kantung teh menjadi hangat, segera tempelkan dibagian mata anda.

Itu adalah cara-cara alami untuk menyembuhkan penyakit mata bengkak, bila dirasa anda mempunyai mata bengkak yang tak kunjung sembuh, segera ke dokter mata untk pengecekan lebih lanjut.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment