Sunday, May 29, 2016

Saya Muslim, Saya Waras


Dunia Hawa - Ada teman bertanya lewat inbox... kok saya malah jadi pahlawannya orang Cina bukan pribumi?

Awalnya dia minta saya yakinkan supaya dia maklum atas pilihan saya. Lalu saya jelaskan panjang lebar, tentang kekeliruan cara pandang sebagian besar masyarakat terhadap para turunan Tionghoa yang sejak lahir sudah jadi WNI, sudah jadi pribumi dan tidak bisa bernegosiasi dengan Tuhan kala masih belum jadi janin untuk bisa memilih jadi turunan apa di rahim siapa.

Kalau saja saya bisa bernegosiasi dengan Tuhan, saya sih maunya jadi anaknya Bill Gates tapi wajah saya blasteran Indonesia, Rusia, Cina, Jerman, Arab. Kan keren tuh... Cantik... kaya raya... pasti dipuju-puji orang sedunia. Anak orang kayaaaa dan cuantiknya minta ampun pulak. Cowok cowok ganteng, anak anak raja, artis artis keren pada ngintilin saya, rebutan minta saya jadi pacarnya. Hahahhahaha....

Sayangnya saya, kamu, dia, mereka, kita semua gak bisa memilih karena Tuhan yang punya kuasa bukan kita.

So....

Kok kita menghakimi turunan Tionghoa?

Kok kita hanya menghakimi turunan tionghoa?

Kok kita gak bisa legowo menerima mereka sebagai sesama pribumi, sesama yg punya darah keturunan dari nenek nenek moyangnya, bahkan sesama keturunan Nabi Adam AS?

Saya semakin bingung dengan orang orang yang masih saja ngotot mengatakan bahwa turunan Tionghoa itu mau menguasai Indonesia.

Looooohhhhh??? 
Jadi yang boleh menguasai Indonesia siapa? Turunan indonesia? Yang mana?.. Padang? Sunda? Ambon? Papua? Aceh? Dayak? Makasar? Palu? Flores? Bali? NTT? Bangka? Madura? Menado? Lampung? Yang manaaaaaaa?

Di Kalimantan ada suku yang nenek moyangnya orang Cina. Dayak misalnya terus mau kamu usir mereka? Di Lampung dan Palembang itu rata rata mereka turunan Cina... mereka haram menjadi Gubernurkah?
Di Aceh tuh rata rata mereka turunan Arab India, mereka kok gak kamu tanyakan kepribumiannya?

Apalagi di Papua, lihat rambutnya yang keriting, kulitnya yang exotic, nenek moyang mereka dulunya tinggal di Afrika apa menurut kamu mereka bukan pribumi? Orang Menado kulitnya aja putih bening, apa menurutmu mereka asli orang Indonesia?? Mereka juga menyimpan darah darah Cina.

Kita ini kalau di cek DNA nya pasti akan tercengang, sebab ternyata kita ini punya darah nenek moyang yang ajaib, beraneka ragam suku bangsa. Coba aja deh... Saya aja takut... takut kalo ternyata menghadapi kenyataan bahwa saya punya darah biru... xixixixi...

Kamu kenal Haji Lulung? Menurut data data yang beredar di internet, pak haji lulung itu orang asli tanah abang. Padahal kalo kita lihat matanya, malah lebih sipit dari Ahok. Ternyataaaa .... dari bisik bisik tetangga mengatakan bahwa pak haji itu masih turunan Cina Benteng. Pak Prabowo ya turunan cina juga..

Lalu... kenapa kok kita heran dengan keberadaan etnis Cina di negara kita sendiri padahal kita tahu bahwa nyata-nyatanya nenek moyang kita itu ya orang Cina juga. Dan jangan lupa, salah satu wali songo kita itu ya orang Cina, kenapa sih kita alergi sama orang Cina? 

Kitaaaaa.... elu aja kaliiiiiii...

[sahara djati]

Sahara Djati
Penulus, Pelestari Lingkungan Hidup, English Teacher dan Safety

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment