Friday, December 9, 2016

Hoax, Boikot, Menang

DUNIA HAWA - Dulu Julius Caesar punya semboyan Vini, Vidi Vici yang artinya : “Aku lihat, Aku datang, Aku menang”. Nah sekarang sepertinya ada yang berusaha meniru semboyan ini dengan sedikit modifikasi. Semboyan tersebut berbunyi : “Aku sebar hoax, Aku boikot, Aku menang”.


Dulu banyak yang bikin fitnah dan berita bohong soal Jokowi dan Ahok. Setelah fitnah tersebar kemudian mereka keluarkan seruan boikot “Haram pilih Jokowi” dan “Haram pilih Ahok” ( Haram pilih orang kafir). Tujuannya tentu saja agar bisa menang dengan menghalalkan segala cara. Bahkan FPI sempat bikin Gubernur tandingan segala. Dengan dukungan mereka bahkan Prabowo juga sempat bikin “Upacara Kenegaraan 17 Agustus” versi tandingan segala. Tidak lupa mereka juga bikin survey tandingan dan Quick Count tandingan yang palsu dan abal-abal.

Kemudian pas aksi 212 kemarin banyak yang posting hoax soal pedagang roti yang bagi-bagi roti gratis untuk peserta aksi. Tapi ternyata kisah tentang pedagang roti yang mengikhlaskan dagangannya untuk para “mujahidin” itu hanya hoax, karangan dan isapan jempol semata. Setelah produsen Sari Roti mengeluarkan klarifikasi bahwa pihaknya tidak terlibat dalam aksi tersebut maka keluarlah seruan “Boikot Terhadap Roti Anti Islam” . Jurus berikutnya banyak pelaku bisnis dari kalangan mereka menyarankan untuk beralih ke produk mereka yang katanya “lebih islami”. Tujuannya tentu saja adalah untuk mengambil keuntungan dan mengail di air keruh.

Juga pasca aksi 212 kemarin muncul hoax yang katanya MURI memberikan penghargaan terhadap aksi tersebut sebagai rekor “Sholat Jumat di luar ruangan dengan peserta terbanyak”. Tapi kemudian pihak manajemen MURI dalam Twitternya mengklarifikasi bahwa berita itu bohong / hoax dan tidak benar. Mungkin sebentar lagi juga akan muncul “Boikot MURI Yang Anti Islam” dan dibuatlah MURI syariah sebagai tandingannya. Lumayan bisa jadi prospek bisnis yang menguntungkan.

Hadeeewwwhh.....

@muhammad zazuli


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment