Sunday, July 31, 2016

Penyebab Pembakaran Vihara di Tanjungbalai


Dunia Hawa - Makan daging babi dengan membaca basmalah tidak membuat daging babi itu jadi halal. Merusak rumah ibadah orang dengan teriakan takbir tak membuat perusakan itu menjadi perbuatan yang benar.

Benarkah penyebab pembakaran dikarenakan umat muslim merasa tersinggung dengan teguran warga ethnis Tionghoa terhadap kerasnya speaker masjid? Yang jelas ini bukan penyebab tapi hanya sebagai sumber pemicu. Penyebab yang sebenarnya mungkin dapat kita simpulkan dari komen komen negatif netizen dalam menanggapi peristiwa pembakaran vihara kemarin, seperti di bawah ini :




Fakta dari kehidupan, masyarakat pribumi dengan masyarakat ethnis Tionghoa dapat kita lihat bahwa dimanapun tempatnya masyarakat Tionghoa memiliki tarap hudup yang lebih baik daripada masyarakat pribumi. Tentu keadaan ini mengakibatkan tibulnya rasa iri, dengki dan benci dari masyarakat pribumi terhadap masyarakat ethnis keturunan Tionghoa.

Sikap iri dan dengkilah yang menjadi penyebab pembakaran vihara sebagai wujud pelampiasan.

Jadi bisa diperkirakan bahwa peristiwa ini dapat berulang di daerah daerah lain dengan sumber pemicu yang mungkin berbada.

Semoga saja pemerintah berserta aparatnya dapat membaca situasi sepeti ini di daerah lain dan berusaha mencegahnya sebelum terjadi lagi.



[lelafitriani/dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment