Sunday, July 24, 2016

Model Kebaya Pernikahan Betawi


Dunia Hawa - Menikah adalah upaya luhur untuk melestarikan umat manusia. Dalam setiap adegan pernikahan yang diselenggarakan oleh mempelai, setiap daerah memiliki caranya masing-masing dalam pelaksanaannya. Di dalam adat betawi, mempelai memakai kebaya encim. Kebaya encim ini adalah model kebaya pernikahan betawi yang sudah dari sejak dulu digunakan untuk melaksanakan adat pernikahan betawi. Namun kini, pernikahan ala adat betawi sudah jarang digunakan. Orang-orang lebih banyak mengadopsi tata cara pernikahan bergaya luar negeri. Namun bukan berarti pernikahan ala betawi telah tidak dipakai sama sekali.

Model kebaya pernikahan betawi umumnya adalah memakai kain kebaya encim betawi. Model ini adalah suatu model kebaya yang mana disitu mengutamakan unsur-unsur kesederhanaan dalam kebayanya. Dahulu model kebaya ini sebagian besar adalah bermotif polos belaka. Namun kini orang-orang mulai berkreasi. Mereka menciptakan suatu hal baru pada model kebaya adat betawi ini sehingga menghasilkan model-model terbaru. Seperti yang bisa kita lihat pada kebaya brokat, juga pada kebaya bordir, kebaya kerancang, dan kebaya kutu baru.

Kompleksitas Pernikahan Betawi







Meski sederhana, kompleksitas dari model kebaya pernikahan betawi juga tak bisa dibilang sederhana. Desain rancangan dari kebaya betawi hampir mirip dengan model kebaya pengantin tionghoa. Kebaya ini terdiri atas kain satin yang memanjang hingga mencapai sebatas lutut. Untuk bagian bawah dikenakannya rok yang melebar ke bawah. Hal ini ditambah dengan adanya kain tambahan yang digunakan untuk menutupi bagian dada yang nanti akan diberikan hiasan dekoratif pada kain tersebut. Ada pula sepatu khusus yang harus dikenakan oleh mempelai pria, yang bentuknya menyerupai perahu

Untuk hasil terbaik dalam pernikahan ala betawi anda. Gunakanlah jasa wedding planner pernikahan betawi. Ada banyak penyedia jasa yang menyediakan jasa untuk merancang segala hal tentang pernikahan betawi anda. Sehingga anda tentu akan mendapatkan model kebaya pernikahan betawi yang maksimal dan sesuai untuk anda. Untuk dekornya pun anda bisa tanpa repot-repot memikirkan bagaimana rumitnya pernikahan adat betawi. Menikah dengan adat betawi sama saja melestarikan kebudayaan luhur yang ada pada Indonesia. Dan sudah pasti itu adalah perbuatan yang mulia.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment