Sunday, July 24, 2016

Pengobatan Mata yang Buta Warna


Dunia Hawa – Dari sebagian orang mengira buta warna itu adalah hanya mengetahui warna putih dan hitam seperti televisi jaman dahulu, sebenarnya pemahaman itu salah, penderita buta warna itu hanya tidak mengetahui 3 warna, yaitu merah, hijau, biru dan campuran dari ketiga warna tersebut.

Sedikit penjelasan tentang buta warna adalah kelainan dari penglihatan kita yang berhbungan dengan ketidakmampuan mata untuk membedakan warna tertentu.

Hal ini disebabkan karena kelainan dan kerusakan pada sel kerucut didalam retina, sehingga mata kita tidak sanggup menangkap warna spectrum tertentu.

Kebanyakan kasus tersebut disebabkan karena turunan dari orang tua, tetapi ada juga yang disebabkan karena umur, penyakit dan kecelakaan.

Retina mata ini mempunyai 2 jenis sel yang sangat sensitive terhadap cahaya. Yang pertama adalah sel batang (rod cell) yang baru aktif bila ada cahaya rendah, dan yang kedua yaitu sel kerucut (cone cell) yang baru aktif bila ada cahaya tingkat tinggi / terang. Ketika jenis sel ini tidak sempurna maka akan menyebabkan buta warna.

Buta warna terjadi apabila syaraf reseptor cahaya di retina mata itu mengalami perubahan, terutama dibagian sel kerucut. Sel saraf retina itu terdiri dari sel batang dan sel kerucut, untuk bagian sel batang itu peka terhadap warna hitam dan putih, dan untuk sel kerucut peka terhadap semua warna kecuali warna putih dan hitam.

Berikut adalah hal yang menyebabkan buta warna, yaitu :

1. Faktor genetika kromosom X lebih sering terjadi kepada pria dibandingkan terjadi kepada wanita.

2. Usia, semakin usia anda bertambah maka semakin berkurang juga kromosom anda.

3. Berkurangnya sel kerucut pada mata

4. Kecelakaan juga dapat menyebabkan buta warna, kecelakaan yang dimaksud adalah cidera otak atau stroke yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan saraf pada optic.

Disini kami akan memberi anda referensi untuk menyembuhkan penyakit buta warna ini:

1. Mengkonsumsi banyak buah

Buah yang dimaksud disini adalah buah naga, apel, wortel, belimbing, dan papaya.

Buah diatas sangat bagus untuk menyembuhkan buta warna, bila anda ingin merasakan hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsi buah di atas sekaligus dengan cara diblender ataupun di jus. Hum yummy!!!

2. Susu kambing

Loh kok susu kambing? Mungkin anda bingung ya kenapa susu kambing, eitss tenang dulu, ternyata susu kambing ini banyak sekli mengandung kalsium serta zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia loh termasuk sel-sel yang ada dimata kita. Bila ingin merasakan manfaatnya susu kambing ini baik dikonsumsi setiap hari guna mempercepat proses penyembuhan buta warna.

3. Bawang merah

Ya, bawang merah juga dapat menyembuhkan buta warna, tapi kita harus tahu dulu cara mengolahnnya.

Cara penggunaannya:

Tumbuk bawang merah sampai halus dan lembut guna di oleskan pada jari dan gosok-gosok dibagian kulit mata atau kelopak mata perlahan-lahan.

Memang awalnya terasa sangat perih, tapi kita harus menahannya sebentar, lama-kelamaan juga perihnya akan hilang sendiri. Lakukan ini setiap hari menjelang tidur.

Cara diatas telah dianjurkan oleh para dokter dan aman untuk penyembuhan buta warna pada seseorang, meskipun membutuhkan waktu yang lama dan harus bersabar sampai anda kembali normal.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment