Saturday, October 15, 2016

Resep Cumi Asam Manis Pedas

Add caption

Dunia Hawa - Siapa yang suka dengan cumi? Ya, makanan laut yang satu ini juga layak sebagi primadonanya masakan laut. Karena cumi memiliki banyak penggemar dengan rasanya yang sangat gurih ketika dimakan. Bagi penggemar chinese food atau makanan seafood, cumi merupakan salah satu menu yang paling dicari.

Cumi-cumi sendiri biasanya dijual dipasaran dalam bentuk yang kering asin maupun yang segar. Namun, yang biasa sering dimakan adalah cumi segar, karena bisa diolah dengan berbagai aneka resep masakan yang lezat-lezat.

Sebelum kita membahas resep masakan cumi asam manis, ada baiknya kita kenali dulu makanan laut ini lebih dalam lagi. Ya, siapa sangka ikan cumi-cumi memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Cumi termasuk makanan laut yang mengandung protein yang sangat tinggi.

Cumi-cumi ini merupakan makanan yang memiliki aroma khas, mudah dicerna karena tidak memiliki tulang belakang. Sehingga wajar, jika ikan laut yang satu ini banyak digemari masyarakat Indonesia pada umumnya. Tak hanya itu, cumi juga memiliki kandungan asam amino esensial dan penting bagi tubuh.

Selain protein yang sangat tinggi, cumi juga mengandung berbagai macam kandungan mineral yang sangat tinggi. Beberapa mineral baik yang terdapat pada cumi adalah fosfor, kalsium, kalium, natrium, selenium dan magnesium. Kalsium yang tinggi pada cumi ini sangat penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Selain itu juga, bisa mencegah terjadinya osteoporosis pada orang tua dan meningkatkan pertumbuhan bagi anak-anak. Masih banyak lagi kandungan nutrisi yang terdapat pada cumi ini, seperti sumber vitamin B1, B2, B12, asam folat, niasin dan beberapa macam vitamin lainnya seperti A, D, E, dan K.

Memakan cumi juga ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan kandungan lemak pada ikan laut ini ternyata cukup rendah. Tapi tetap saja, yang namanya ikan laut kita tidak dianjurkan mengkonsumsinya banyak-banyak.

Siapa sangka jika cumi juga sangat baik dalam membentuk sel darah merah, kandungan omega 3, vitamin B dan protein yang cukup tinggi membuat cumi juga berperan baik dalam pembentukan sel darah merah pada manusia.

Wah, cukup banyak sekali manfaatnya bukan? Mengolah cumi tentunya juga harus dengan resep yang baik, agar para penikmatnya juga bisa menikmati kelezatan makanan ini. Seperti yang disajikan dalam artikel kali ini kita akan membahas resep masakan cumi asam manis untuk Anda semua.

Resep Masakan Cumi Asam Manis Pedas

Resep yang tak kalah enaknya dari olahan makanan laut ini adalah cumi asam manis. Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana mencoba memasak makanan ini, yuk kita lihat langkah-langkahnya berikut ini :
• 1 buah bawang bombay, iris
• 600 gram cumi
• 2 cm jahe, iris
• 2 siung bawang putih, iris
• 1 buah paprika merah, lalu potong dadu
• 4 sdm saus sambal
• 1 sdm air perasan jeruk nipis
• 1 sdm saus tiram
• 1 sdm kecap asin
• ½ sdt garam
• 2 sdm gula pasir
• ½ sdt merica
• 2 sdm margarin
• 2 sdm larutan tepung maizena

Cara memasaknya :
1. Bersihkan cumi terlebih dahulu, buang tintanya, lalu potong berbentuk cincin, cuci kembali sampai bersih. Setelah itu rebus dalam panci yang berisi air sampai matang, lalu tiriskan.
2. Panaskan margarin dalam wajan, lalu masukan bawang bombay dan bawang putih, tumis sampai harum.
3. Tambahkan paprika dan jahe, setelah itu tuangkan air secukupnya.
4. Tambahkan dengan saus sambal, air perasan jeruk nipis, kecap asin, gula merica, garam dan saus tiram, aduk sampai merata dan didihkan.
5. Terakhir masukan cumi, tambahkan dengan air larutan maizena, dan aduk lagi sampai merata. Masak terus sampai matang dan mengental, angkat lalu sajikan bersama keluarga.

[resep dapur ibu]




Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment