Friday, October 12, 2012

Berhubungan Seks Saat Haid


"Kira-kira setengah tahun yang lalu suami dipindahtugaskan oleh kantornya ke pulau lain. Otomatis, kami tinggal terpisah. Padahal kami sedang program anak kedua. Bulan lalu, ia pulang saat saya baru saja selesai haid (hari ke-5, haid saya teratur).
Namun setelah itu, muncul lagi bercak darah di pembalut saya. Apakah artinya haid saya belum selesai? Secara medis, boleh tidak berhubungan intim saat haid? Bagaimana mendapatkan kepastian bahwa haid kita sudah selesai? Mungkinkah terjadi kehamilan bila hubungan dilakukan tepat setelah masa haid?" (Lusi, Banyuwangi)


Menurut dr Ferryal Loetan, ASC&T, SpRM, MKes (MMR), Sex Consultant & Rehabilitation Specialist dari Klinik WIN, bisa jadi memang haid Anda belum selesai, tapi bisa juga sudah selesai. Hal ini tergantung darah yang keluar sedikit atau banyak. Mungkin juga sisa kotoran yang ada di dalam vagina ada yang tidak keluar atau belum keluar, tapi baru bisa keluar saat melakukan hubungan intim karena jalannya terbuka.


Anda Ingin masuk ke dalam Gerbang Kesuksesan ? Disinilah Gerbangnya

Dr Ferryal juga mengatakan, apa yang terjadi pada Anda bukan masalah. Hanya, kalau darahnya terus keluar sebaiknya jangan lakukan dulu hubungan suami istri, sampai yakin tak ada lagi darah yang keluar dari vagina. Karena jika melakukan hubungan intim saat haid akan memudahkan masuknya kuman atau penyakit dari luar ke dalam rahim. Bahkan yang paling berat bisa kemasukan gelembung udara (emboli) yang akhirnya bisa menyebabkan hal buruk terhadap tubuh kita.

Pada tiap wanita, setiap periode menstruasinya akan berbeda-beda, baik jumlah darah yang keluar atau jumlah harinya. Kalau memang haid Anda selama ini biasa empat hari, menurut Ferryal masih wajar. Kecuali kalau sampai terjadi perbedaan yang sangat mencolok dalam jumlah hari atau jumlah darah yang keluar.

Ferryal menyarankan, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Dari pembahasan di atas tentu bisa disimpulkan bahwa hampir tidak ada kemungkinan bisa terjadi kehamilan semasa wanitanya sedang haid. Semoga cukup jelas, ya.

Sumber: Majalah Sekar


Artikel Terkait