Saturday, October 13, 2012

Cara Merawat Kulit Sensitif


Memiliki kulit sensitif bisa menjadi sebuah penderitaan sendiri . Kulit mudah iritasi, bengkak, ruam, hingga rasa perih seperti terbakar. Perempuan dengan kulit sensitif memiliki sistem kekebalan hiperaktif yang bereaksi terhadap produk tertentu atau kondisi cuaca sebagai musuh dan melawannya. Reaksi ini sering menyebabkan kulit, gatal-gatal kemerahan, perasaan menyengat, terbakar, dan mengelupas.


Namun, gejala bisa timbul pada saat tertentu dalam hidup perempuan. Perempuan lebih banyak menggunakan produk anti-penuaan  dan exfoliant kuat yang dapat menyebabkan iritasi. Pada saat itulah perempuan sering mengalami permasalahan kulit sensitif. 

Berikut adalah cara merawat kulit sensitive Anda. 

4 Ide Segar Riasan Bibir


Fragrance   
Fragrance adalah alergen nomor satu dalam kosmetik dan perawatan kulit.Aroma jeruk, bunga, dan mint dapat menyebabkan kulit Anda berulah.

Jadi pilihlah, produk kecantikan dan produk pembersih rumah tangga yang fragrance-free. Perhatikan kata-kata hypoallergenic dan bebas formaldehida pada label mereka. Jika Anda tidak dapat menemukan pada  aroma favorit Anda,  cara terbaik adalah. Tempatkan pakaian Anda di tempat tidur Anda lalu semprotkan wewangian. Tunggu  beberapa menit  sebelum berpakaian. Hal ini mencegah kontak langsung dengan kulit.

Bahan kimia dalam sabun dan pembersih
Sabun dan pemebersih wajah  mungkin akan membuat Anda merasa berderit bersih, tapi agen pembersihan yang dikenal sebagai surfaktan memberikan masalah pada kulit sensitif. Sodium lauril sulfat adalah emulsifier yang keras yang ditemukan dalam sabun tubuh dan pembersih wajah.

Beberapa sabun juga mengandung  triclosan dan tetrasodium EDTA. Karena kulit sensitif hampir selalu kering, menyabuni dengan produk yang menghisap kelembaban dapat menyebabkan gatal dan kulit mengelupas. Sebaliknya, cuci dengan sabun khusus diformulasikan untuk kulit sensitif atau kering, produk ini mengandung natrium sulfat laureth relatif ringan.

Bahan kimia dalam make-up
Ultramarine blue, suatu pigmen yang umum ditemukan dalam eye shadow, dapat menjadi pengganggu untuk kulit sensitif. Gunakan eye shadow warna netral seperti beige atau coklat. Mika, partikel yang memantulkan cahaya dengan sifat kimia, ditemukan dalam makeup mineral dan bubuk bronzing, dan dapat memicu gatal. Pelakunya lain adalah bismuth oxychloride, penambah kilau yang diketahui menyebabkan kulit terasa seperti disengat.

Lingkungan

Hari-hari yang cerah justru tidak begitu menggembira  bagi si kulit sensitif. Bahkan jumlah terkecil matahari siang mampu membuat kulit untuk terpapar sinar UV menjadi lebih sensitif. Sinar ultraviolet bermutasi protein dalam kulit, yang merusak sel-sel kulit dan menyebabkan reaksi, merah menyengat yang dikenal sebagai photosensitivity. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya mengenakan  sun blok  siang hari hujan atau cerah.
 
Sumber: Womens Health

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment