Tuesday, June 12, 2018

Regulator Keuangan Inggris Sarankan Bank Untuk Kelola Resiko Aset Crypto


Regulator Keuangan Inggris. Keuangan Inggris (FCA) telah mengeluarkan panduan kepada Bank tentang bagaimana menangani risiko yang terkait dengan “aset kripto”, hal tersebut diberitakan dari situs web FCA 11 Juni kemarin.

Seperti pernyataan yang dikeluarkan oleh Direksi Eksekutif pengawasan Jonathan Davidson dan Megan Butler, bank harus menerapkan pendekatan yang sangat individu untuk klien yang berurusan dengan aset kripto sejak “risiko yang terkait dengan hubungan bisnis yang berbeda dalam satu kategori yang luas dan bervariasi.

“Mengikuti pendekatan dengan berbasis risiko tidak berarti bank harus mendekati semua klien yang beroperasi dalam kegiatan tersebut dengan cara yang sama. Sebaliknya, kami berharap bank dapat mengenali bahwa risiko yang terkait dengan hubungan bisnis yang berbeda dalam satu kategori yang luas dan mengelola risiko yang tepat.”

Dengan demikian, badan regulasi tersebut telah menyarankan sejumlah langkah-langkah praktik yang baik untuk dilakukan bank guna menghindari resiko pelanggan menggunakan cryptocurrencies untuk “tujuan kriminal.”

FCA mendorong bank untuk mengembangkan kesadaran “aset kripto” guna membantu mereka dalam mengidentifikasi risiko, dan untuk terlibat dengan klien untuk memahami sifat bisnis mereka antara lain.

Dalam pernyataan regulator keuangan yang juga menekankan motif non-pidana untuk menggunakan cryptocurrencies, termasuk pendanaan “pengembangan teknologi inovatif” dan berisiko tinggi atau “investasi spekulatif.”

Namun, dengan mempertimbangkan globality dan anonimitas dari kripto, FCA menyarankan beberapa “high-risk” indikator, seperti klien yang menggunakan cryptocurrency dan memiliki sejumlah besar koin awal menawarkan Token (ICO).

FCA menjelaskan bahwa risiko menggunakan cryptocurrency disponsori negara adalah dirancang untuk menghindari sanksi finansial internasional. Mempertimbangkan risiko yang terkait dengan ICOs, regulator menyatakan bahwa praktek semacam ini melibatkan “tingginya risiko jatuh korban penipuan investasi.”

Pada akhir Desember 2017, ketika Bitcoin (BTC) memukul rekor harga, FCA memperingatkan investor tentang risiko kehilangan semua uang mereka, mengklaim bahwa Bitcoin adalah gelembung.

Pada bulan April, Bank sentral dari Kenya (CBK) mengeluarkan peringatan serupa ke semua bank di negara ini, dengan memperingatkan terhadap penyediaan layanan untuk dealer kripto. Gubernur CBK Patrick Njoroge berkata ada risiko yang terkait dengan cryptocurrency terutama pada perlindungan konsumen, penipuan, hacking dan hilangnya data dan mereka cenderung digunakan sebagai skema piramida@BPI

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment