Saturday, July 29, 2017

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Haid


DUNIA HAWA Apakah Anda seorang wanita dewasa yang sudah menstruasi untuk waktu yang lama? Jika hia, pasti anda pernah mengalami kram, kembung, kelelahan, ngidam dan suasana hati yang umumnya suram (atau juga disebut PMS). Di sini, khususnya bagi anda kamu perempuan, sudah sekiranya mengenali 8 makanan yang baik untuk dikonsumsi saat datang bulan. Makanan ini juga telah terbukti bisa mengurangi rasa nyeri saat datang bulan.

1. Selai Kacang Almond


Hal ini sangat penting selama periode bulanan Anda untuk mendapatkan protein dan serat yang cukup, yang membantu menstabilkan gula darah Anda, sehingga mengurangi keinginan untuk hal-hal yang buruk. Cobalah olesi roti Anda dengan selai kacang pada saat makan siang.

2. Roti Gandum


Biji-bijian yang penuh manfaat kesehatan. Mereka adalah sumber yang baik dari magnesium, yang membantu mengurangi ketegangan otot, dan memiliki vitamin B dan E yang telah terbukti untuk mengurangi kelelahan dan depresi. Roti gandum merupakan pasangan yang lezat dengan selai kacang.

3. Kopi


Hal apa yang tidak bisa dilakukan kopi? Ketika badan Anda merasa kram dan lesu, cobalah minum secangkir kopi, yang mungkin bisa memberikan energi ketika Anda bangun tidur. Namun, hati-hati ketika mengkonsumsinya, terlalu banyak kafein akan menyebabkan kecanduan dan mengakibatkan keresahan, insomnia, keriangan, dan masih banyak.

4. Jeruk


Selain vitamin C, jeruk juga mengandung beberapa kalsium dan vitamin D. Kalsium sendiri bisa mengurangi perasaan depresi dan cemas di otak sedangkan vitamin D mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin, suatu neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati. Sumber lain yaitu yoghurt, yang juga mengandung bakteri sehat yang mengaturs pencernaan agar tetap lancar dan sehat.

5. Teh


Jika Anda tidak suka kopi, teh bisa dijaikan sebagai pilihan. Hal ini juga dapat membantu meringankan otot yang kejang dan mengurangi ketegangan yang mengarah kepada kecemasan dan mudah tersinggung. Jika Anda merasa mual dan kembung, cobalah teh jahe.

6. Tiram


Kadar zat besi Anda terasa berkurang dan Anda merasa kekurangan darah? Cobalah untuk mengisi pasokan nutrisi tubuh Anda dengan makanan kaya akan zat besi seperti tiram, daging, bayam dan kangkung.

7. Pisang


Tidak usah diragukan lagi, pisang merupakan buah-buahan kaya akan manfaat untuk kesehatan. Pisang kaya akan vitamin B6, magnesium, dan kalium, yang dapat mengurangi pengeluaran air atau ekresi dan kembung.

8. Semangka


Daripada mengkonsumsi gula buatan pada saat periode bulanan, lebih baik Anda mengkonsumsi gula alami yang banyak ditemukan dalam di dalam buah kaya serat seperti plum, buah ara, dan semangka, yang juga dapat mengurangi rasa kembung dan diare.

Itulah beberapa makanan yang bisa membuat anda merasa baik ketika datang bulan, semoga bermanfaat ya...

@tip sehat

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment