Wednesday, October 19, 2016

Beda Deodoran dan Antiperspiran


DUNIA HAWA - Sudah rajin menggunakan deodoran, tapi badan masih mengeluarkan bau nggak enak. Ada yang bilang supaya kita mengganti deodoran dengan antiperspiran. Sebenarnya, apa sih, bedanya deodoran dengan antiperspiran?

Secara umum, beda deodoran dengan antiperspiran terletak pada fungsinya. Deodoran berfungsi untuk mencegah bau badan, sedangkan antiperspiran berfungsi menghambat keringat.

Selain itu, perbedaan kedua terletak pada waktu penggunaannya. Bila deodoran lebih baik digunakan saat malam hari yaitu sebelum tidur, antiperspiran lebih baik jangan terlalu sering digunakan.

Soalnya, antiperspiran umumnya memiliki kandungan aluminium klorida, chlorohydrate aluminium dan aluminium zirconium. Ion-ion aluminium ini membentuk penyumbatan sementara di saluran keringat sehingga keringat nggak mengalir ke permukaan kulit. Padahal, keringat berfungsi untuk mengatur suhu tubuh dan membuang racun. Selain itu, efek samping dari ion aluminium adalah menimbulkan biang keringat.

Jadi, harus menggunakan yang mana? Lebih baik gunakan keduanya secara bergantian, sesuai dengan kebutuhan. Gunakan antiperspiran untuk menghentikan keringat dan deodoran agar tubuh kita tetap wangi.

[dh©]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment