Thursday, September 8, 2016

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut & Tips Perawatannya


Dunia Hawa - Manfaat minyak zaitun untuk rambut demi menunjang penampilan yang baik sudah terkenal di kalangan masyarakat kita. Punya masalah dengan rambut rontok, mengembang dan rusak tidak usah susah-susah dan mahal-mahal ke salon untuk mengatasinya karena ada minyak zaitun yang telah teruji. Dengan kandungan-kandungan baiknya, ada banyak nutrisi yang akan diberikan ke rambut kita sehingga kesehatannya terjaga dan terjamin.

3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut serta Kandungannya


1. Biotin, Niacin, Vitamin E dan D


Minyak zaitun rupanya kaya akan nutrisi yang tentunya semakin membuat kita bisa percaya akan keampuhan dan keefektifan dari minyak ini. Oleh karena itu, masalah kerontokan dan kesuburan rambut bisa diatasi dengan kandungan nutrisi yang diberikan ke rambut kita secara cukup. Nutrisi tersebutlah yang akan membantu rambut kita tumbuh secara subur dan kerontokan pun tidak jadi masalah lagi.

2. Anti Jamur dan Anti Bakteri


Kandungan alami lainnya yang juga memberikan efek baik bagi kesehatan rambut kita adalah anti jamur dan anti bakteri di dalam minyak zaitun. Masalah rambut apapun, termasuk rambut rontok yang bisa menyebabkan kebotakan juga bisa dipulihkan. Kadang rambut rontok bisa juga diakibatkan oleh penggunaan bahan kimia pada rambut, tapi dengan minyak zaitun, tidak usah khawatir lagi.

3. Pencegahan Hormon DHT


Hormon Dihidrotestosteron atau DHT juga mampu dicegah dengan menggunakan minyak zaitun. Hormon tersebut bisa terbentuk di batang rambut yang menyebabkan rambut gampang rontok. Tapi dengan memanfaatkan minyak zaitun, rambut rontok karena hormon tersebut tidak akan menjadi masalah besar.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok memang sepertinya sudah tidak diragukan lagi, tapi selain dari rambut rontok, rambut mengembang pun juga bisa diatasi dengan minyak zaitun. Rambut yang mengembang biasanya juga cenderung kering, ada juga yang kemudian rusak. Masalah rambut seperti ini tidak akan jadi masalah lagi saat sudah menemukan cara gampang untuk menyehatkannya. Penggunaan minyak zaitun untuk merawat rambut dan kulit kepala sangat mudah dan hasilnya begitu efektif.

3 Tips Pemakaian Minyak Zaitun untuk Perawatan Rambut


1. Untuk Rambut Rontok


Minyak zaitun secukupnya bisa disiapkan, tidak usah banyak-banyak. Kemudian langsung teteskan di kulit kepala namun sambil memberi pijatan hingga minyak benar-benar merata ke semua kulit kepala. Hasil yang lebih maksimal bisa didapatkan kalau melakukan perawatan seperti ini setiap sebelum tidur di malam hari. Hal ini dianjurkan supaya minyak bisa meresap sempurna. Baru besok paginya rambut bisa dibilas menggunakan air bersih.

 2. Untuk Rambut Mengembang


Manfaat minyak zaitun untuk rambut mengembang pun sudah terbukti oke, caranya adalah dengan mencuci rambut lebih dulu, baru minyak zaitun bisa dipakai secukupnya dengan mengoleskannya ke seluruh rambut secara merata. Selanjutnya, rambut ditutup dengan handuk; diamkan saja sekitar 20 menitan. Bilas dengan air bersih atau juga dengan shampo, sampai benar-benar bersih. Cara ini akan membantu membuat rambut jadi lebih sehat, lembab, halus dan jauh dari mengembang dan kering.

Cara selanjutnya yang bisa digunakan kalau rambut sudah keriting tapi juga mengembang, boleh diluruskan dengan minyak zaitun, yaitu mencampurkannya dengan telur 2 butir saja. Ramuan ini bisa digunakan sebagai masker rambut yang berarti harus dioleskan ke seluruh rambut sampai merata. Tunggulah 2 jam sebelum dibilas dengan air bersih, atau mengeramasinya juga bisa.

 3. Untuk Rambut Rusak


Manfaat minyak zaitun untuk rambut rusak juga besar. Salah satu rambut bermasalah adalah rambut bercabang. Khusus untuk kerusakan satu ini, pakai minyak zaitun dengan mengoleskannya ke rambut secara merata sama seperti beberapa cara di atas. Tunggu beberapa menit saja sampai benar-benar meresap sebelum akhirnya boleh membilas dengan air bersih. Atau bisa juga mengeramasinya setelah beberapa menit berlalu, tapi shampo yang digunakan kudu yang berformula ringan supaya rambut tidak rusak.

Keramas sekali dalam dua hari ternyata kurang cukup untuk menjaga kesehatan rambut kita, karena rambut rusak, rambut rontok, dan rambut mengembang bisa tetap terjadi kapan saja. Perawatan salon menjadi pilihan banyak orang, padahal sebenarnya minyak zaitun pun bisa digunakan secara simpel. Tanpa bahan kimia, minyak zaitun yang kaya akan nutrisi bisa membuat rambut kita sehat berkilau. Setelah melirik beberapa tips ini, buktikan sendiri manfaat minyak zaitun untuk rambut.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment