Wednesday, September 14, 2016

Menghilangkan Rambut Bercabang


DUNIA HAWA - Cara menghilangkan rambut bercabang akan sangat membantu bagi yang mempunyai masalah tersebut. Terlebih bagi wanita, karena rambut merupakan mahkota dan salah satu sumber kecantikan. Tak jarang yang mengalaminya sehingga masalah rambut bercabang ini sendiri menjadi momok. Namun sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan rambut bercabang, ada baiknya kita mengetahui apa saja penyebab masalah ini. Jadi kita bisa mengurangi atau bahkan menghindarinya. Berikut uraian terkait penyebab masalah rambut bercabang.

Penyebab Masalah Rambut Bercabang


Penyebab rambut bercabang sangat beragam. Mulai dari masalah yang berasal dari dalam yaitu terkait dengan tubuh, maupun masalah dari luar seperti pemakaian produk maupun alat-alat penata rambut. Lebih jelasnya sebagai berikut.

1. Nutrisi Yang Dibutuhkan Rambut


Kekurangan nutrisi akan menyebabkan masalah-masalah pada rambut, salah satunya adalah rambut bercabang. Kekurangan nutrisi dalam tubuh akan berdampak pada kutikula rambut. Kutikula ini menjadi lapisan pembungkus rambut di bagian luar. Kutikula juga berfungsi sebagai pengikat serat-serat rambut, sehingga jika nutrisi dalam tubuh kurang, kutikula juga akan mengalami masalah dan tidak kuat lagi mengikat serat rambut. Akibatnya rambut menjadi pecah hingga menjadi bercabang.

2. Usia Rambut


Ketika rambut sudah semakin tua, dengan salah satu indikasi panjangnya rambut, akan menjadi lebih rentan terhadap kerusakan. Jadi rambut panjang akan cenderung lebih rentan mengalami masalah rambut bercabang.

3. Penggunaan Alat Penata Rambut & Produk-Produk Yang Mengandung Bahan Kimia


Alat penata rambut biasanya akan memanfaatkan panas untuk dapat menata rambut lebih mudah. Panas ini dapat merusak rambut jika dilakukan terlalu sering. Produk-produk penataan rambut seperti hair spray, obat rebonding dan produk lainnya juga dapat menimbulkan kerusakan rambut yang cukup parah. Kerusakan rambut yang sering ditemui adalah rambut bercabang.

4. Cuaca


Ketika cuaca panas dan kita terlalu lama di luar tanpa ada penutup kepala, maka rambut akan terkena cahaya matahari secara langsung. Hal ini akan berakibat rambut menjadi kering dan mudah rusak seperti bercabang.

5. Kebiasaan Kurang Baik Dalam Merawat Rambut


Ketika mengeringkan rambut menggunakan handuk dan menggosok-gosoknya dengan kasar akan membuat rambut mengalami gesekan yang besar dan berpotensi mengalami pecah-pecah dan bercabang. Selain itu kebiasaan menyisir dengan kasar ketika rambut kusut juga dapat menimbulkan kerusakan rambut.

4 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Dengan Alami


Setelah mengetahui penyebab-penyebab masalah kerusakan rambut dan menyebabkan rambut bercabang, tentu menjadi kewaspadaan tersendiri sehingga dapat mengurangi dan menghindarinya. Kemudian jika sudah mengalami masalah rambut bercabang, cara-cara alami berikut bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasinya.

1. Rapikan Rambut


Jika rambut sudah terlanjur bercabang, rapikan secara rutin dengan memotong ujung rambut. Selain rambut menjadi lebih rapi, rambut bercabang di ujung dapat dihilangkan.

2. Rajin Melakukan Perawatan


Lakukan perawatan pada rambut. Salah satunya dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya dengan mengusapkan minyak zaitun pada rambut, terutama ujung rambut yang memerlukan kelembaban lebih. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan keramas.

Perawatan lainnya bisa dengan menggunakan buah alpukat. Alpukat selain bermanfaat bagi tubuh dengan segala nutrisinya, juga bisa digunakan untuk merawat rambut yang kurang nutrisi sehingga mengalami kerusakan. Caranya dengan menghaluskan buah aplukat bersama putih telur. Kemudian gunakan untuk masker rambut. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi


Selain melakukan perawatan pada rambut, jangan lupa konsumsi makanan yang dapat memenuhi nutrisi tubuh, sehingga dapat memberikan nutrisi yang lebih untuk rambut. Untuk masalah rambut bercabang bisa dibantu dengan mengkonsumsi makanan kaya protein.

4. Minum Air Putih


Biasakan minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dengan demikian, kelembaban rambut pun akan ikut terjaga.

Oke itu dia uraian terkait dengan masalah rambut bercabang. Mulai dari penyebabnya sebagai referensi untuk kita sehingga dapat meminimalisir serta menghindarinya untuk pencegahan rambut bercabang. Kemudian dengan cara-cara alami yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment