Saturday, October 29, 2016

Resep Es Doger Spesial


Dunia Hawa - Bagi Anda pecinta minuman dingin alias es yang berasal dari kreasi berbagai daerah di Indonesia, Anda tentu pernah mendengar nama es doger bukan? Ya, es yang dikenal berasal dari daerah Bandung ini kini memang cukup banyak dicari di berbagai daerah, termasuk di luar daerah Bandung juga.

Ketertarikan masyarakat yang besar terhadap es doger ini, tentu saja karena kekayaan rasa dan tampilan dari es doger yang sungguh khas. Es doger mempunyai tampilan warna – warni yang menarik untuk dilihat. Selain itu, teksturnya yang berasal dari dominasi es serut ini pun membuat es satu ini sunggu spesial.

Ya, es ini berbeda dari es buah atau es teller umumnya yang memakai kuah dan es batu. Selain itu, es doger pun berbeda dengan es krim yang memiliki tekstur begitu lembut. Keunikan inilah yang membuat es doger justru semakin menarik.

Nah, kabar baiknya, kalau Anda ingin menikmati sendiri es doger di rumah, maka Anda bisa mulai menyimak cara membuat es doger berikut ini. Cara membuat es doger ini cukup sederhana untuk dipraktekkan.

A. Bahan yang diperlukan untuk membuat es doger spesial:

150 ml santan kelapa kental
200 gram gula pasir
300 gram kelapa muda (serut)
1 kg es serut halus
½ sendok teh garam halus

B. Bahan pelengkap es doger :

80 ml sirup warna merah (coco pandan / frambos / rose)
50 gram pacar cina (rebus sampai matang)
16 sendok makan susu kental manis
100 gram ketan hitam (kukus)
100 gram tape singkong (potong kecil – kecil)

Cara mudah membuat es doger spesial :

Untuk membuat es doger spesial cukup mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan bahan santan kelapa kental, kelapa muda yang telah diserut, serta garam halus. Campurkan bahan – bahan ini dalam panci kemudian panaskan sampai mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan sampai dingin.
Selanjutnya, bila adonan ini sudah dingin, ambil es yang telah diserut halus, kemudian tuangkan adonan ini ke dalam 1 kg es serut. Aduk sampai es serut dan adonan ini bercampur merata, kemudian simpan dalam freezer sebentar atau sekitar 1 jam agar cairan adonan ikut membeku. Tapi, setiap 15 menit, aduk adonan ini agar es tidak menggumpal terlalu keras.
Kemudian, sembari menunggu adonan, Anda bisa mulai menyiapkan gelas saji (satu resep ini bisa untuk sekitar 8 gelas es doger.
Dalam gelas saji, tata aneka bahan isi mulai tape singkong, ketan hitam dan pacar Cina.
Selanjutnya, ambil es doger yang telah dingin seluruhnya, kemudian letakkan di atas gelas saji.
Tambahkan juga dengan susu kental manis dan juga sirup warna merah dengan cara dituangkan secara memutar.
Es doger spesial Anda pun siap untuk disajikan dan dinikmati bersama kerabat serta sahabat tercinta. Bagaimana resep yang satu ini? Mudah bukan cara membuat es doger yang memiliki rasa spesial sekaligus tampilan yang menarik ini?

Tampilan es doger yang terbilang cantik karena warna warninya yang khas, ditambah dengan rasanya yang cukup kaya dan sekaligus juga khas, telah mampu memikat banyak lidah untuk mencicipinya dan kemudian mengegmarinya.

Tapi, tak perlu bingung kalau Anda sedang ingin menikmati es doger, tapi kesulitan untuk menemukan penjualnya, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan membuat sendiri, selain bisa lebih hemat, Anda pun bisa lebih puas menikmati es doger karena Anda bisa menyajikan dalam jumlah yang banyak sesuka hati.

Bukan begitu? Nah, kalau Anda tertarik, segera saja coba praktekkan sendiri di rumah ya. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

[resep masakan nusantara]




Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment