Monday, September 12, 2016

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan


DUNIA HAWA - Kamu pasti sudah sering dengar kebaikan daun sirih. Bagaimana dengan kebaikan serta manfaat daun sirih merah? Daun sirih merah mungkin belum umum digunakan sebagai bahan kesehatan, tetapi manfaatnya sendiri sangat luar biasa untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya di tubuh. Selain itu, pengobatannya pun tidak tergolong sulit serta tidak memakan waktu lama. Bagaimana cara pengolahannya? Simak secara ringkas namun lengkap melalui ulasan di bawah ini.

Ragam Manfaat Daun Sirih Merah


1. Daun Sirih Merah Dapat Mengobati Mata Merah Karena Iritasi



Mata merah karena iritasi di beberapa kesempatan sangat sulit dihindari. Jika kita takut menggunakan obat-obatan kimiawi yang belum terpercaya, cara alami yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun sirih merah karena manfaat daun sirih merah untuk mata sudah terbukti baik.

Hal ini disebabkan alkaloid di dalam daun sirih merah yang berperan sebagai anti radang maupun anti bakteri. Pengolahan daun ini pun sama sekali tidak sulit, berikut ini prosedurnya. Pertama, siapkan sekitar 20 lembar daun sirih merah atau sesuaikan dengan kebutuhan. Masukkan daun sirih merah tersebut bersama air ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih.

Selanjutnya, saring air rebusan tersebut dari daun yang sudah direbus dan gunakan air untuk mengompres mata. Celupkan handuk bersih ke dalam air daun sirih merah dan tempelkan sesekali ke mata yang merah. Bisa juga digunakan untuk membasuh mata merah karena iritasi selama 10 sampai dengan 15 menit.

2. Daun Sirih Merah Dapat Mencegah Kanker dan Tumor Di Tubuh



Manfaat daun sirih merah untuk kanker dan tumor yang telah terbukti adalah meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dengan baik. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirih merah akan membuat tubuh seseorang kebal dari berbagai penyakit berat, dibantu pula dengan terpenoid dan flavonoid.

Cara mengonsumsinya pun sederhana, rebus saja sekitar 15 lembar daun sirih merah menggunakan air matang untuk minum sampai mendidih. Saring airnya, lalu tunggu sampai agak dingin sehingga siap diminum. Minum air daun sirih merah tersebut secara rutin. Apalagi jika kita sedang merasa daya tahan tubuh lemah, langkah ini sebaiknya dilakukan.

Untuk memenuhi asupan daun sirih merah, kita bisa memelihara tanamannya sendiri di rumah. Bibit atau anak tumbuhan ini banyak dijual di berbagai vendor tanaman terutama yang menjual banyak tanaman apotek hidup.

3. Daun Sirih Akan Mengurangi Keputihan Pada Wanita



Keputihan bukan masalah yang jarang terjadi pada wanita dan hampir semua wanita juga pernah mengalaminya. Sebelum langsung mencoba obat-obatan maupun sabun kimiawi yang bisa saja kurang cocok untuk miss v kamu, cobalah perawatan menggunakan daun sirih merah ini terlebih dahulu karena manfaat daun sirih merah untuk miss v sangat efektif. Sifat antibakteri dari daun sirih merah akan membunuh bakteri Candida yang berperan dalam menyebabkan keputihan.

Ikuti prosedur ini untuk membuat ramuan obat alami bagi vagina. Siapkan 5 sampai dengan 10 lembar daun sirih merah terlebih dahulu. Selanjutnya, rebus seluruh lembar daun sirih merah tersebut ke dalam sekitar 250 ml air. Tunggu sampai mendidih. Jika sudah mendidih, saring air rebusan dari daun yang telah terebus dan gunakan air tersebut setelah agak dingin untuk membilas daerah vagina. Dijamin keputihan akan hilang hanya dalam beberapa hari saja.

4. Daun Sirih Merah Dapat Dijadikan Obat Mimisan



Jika kamu memiliki suadara yang masih kecil atau anak sendiri sering mimisan, ada baiknya mulai sekarang menanam daun sirih merah di area halaman rumah. Daun sirih merah mengandung terpen sekaligus fenil popada yang bisa membantu menyumbat darah yang keluar saat sang anak mimisan.

Caranya sangat mudah, ambil saja 1 sampai 2 lembar daun sirih merah, 1 lembar untuk 1 lubang hidung yang mimisan. Gulung daun sirih merah tersebut dan masukkan ke dalam lubang hidung yang sedang mengeluarkan darah. Niscaya darah akan cepat berhenti dari hidung anak.

Meskipun belum banyak yang membudidayakan daun sirih merah sendiri, manfaat daun sirih merah patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, daun ini ternyata bisa menyembuhkan beberapa penyakit dari yang ringan sampai berat secara alami. Semoga artikel mengenai manfaat daun sirih merah ini bisa berguna bagi kamu dan keluarga.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment