Wednesday, September 7, 2016

Kandungan Nutrisi & Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil


Dunia Hawa - Air kelapa adalah salah satu minuman isotonik yang memiliki banyak nutrisi. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil cukup banyak sehingga dapat dijadikan sebagai pemenuhan nutrisi untuk ibu dan janinnya. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui tentang manfaat air kelapa untuk ibu hamil maupun untuk bayi dalam kandungan.

Kandungan Nutrisi Air Kelapa






Berdasarkan gambar tabel nutrisi di atas, dapat diketahui bahwa air kelapa kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan bayi yang dikandunganya.

Inilah Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil


Berikut ini adalah manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janin:

1. Mencegah Dehidrasi


Ibu hamil rentan dengan dehidrasi padahal cairan tubuh sangat diperlukan untuk ibu hamil agar kesehatan janin terjamin. Terlebih dengan ibu hamil yang sering muntah ia akan sering kehilangan cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, air kelapa akan membantu memenuhi cairan.

2. Mengatasi Morning Sickness



Selama masa kehamilan 3 bulan, biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah sehingga ia akan kehilangan banyak energi. Air kelapa dapat menggantikan elektrolit dalam tubuh ketika muntah. Inilah manfaat air kelapa untuk ibu hamil muda.

3. Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh



Salah satu masalah dalam masa kehamilan adalah sistem metabolisme yang kurang baik. Mengonsumsi air kelapa dapat mengatasi masalah metabolisme yang menyebabkan sang ibu susah makan sehingga sang ibu dan janin tidak akan kekurangan energi.

4. Memenuhi Kolesterol Baik



Tak semua kolesterol bersifat buruk. Menurut penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa air kelapa berkontrsibusi untuk memberikan kolesterol baik sehingga tubuh akan lebih segar dan berisi tapi secara sehat.

5. Menjernihkan Air Ketuban



Hal ini berkaitan dengan mitos yang mengatakan bahwa air kelapa menyebabkan kulit bayi menjadi lebih putih. Kandungan antioksidan dan elektrolit di air kelapa dapat menjernihkan dan membersihkan air ketuban dari lendir dan kotoran.

6. Mengatasi Tekanan Darah



Air kelapa memiliki kandungan magnesium, riboflavin, klorida, dan natrium dapat menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah supaya tetap normal.

7. Mengatasi Gangguan Pencernaan



Kehamilan dapat membuat bagian perut sang ibu tertekan oleh bayi sehingga dapat menimbulkan masalah pada pencernaan atau yang sering disebut dispepsia. Mengonsumsi buah kelapa dapat meningkatkan fungsi usus sehingga dapat mempermudah konstipasi atau mengatasi mual dan muntah.

8. Menghilangkan Racun



Terkadang, ibu hamil mengalami infeksi kandung kemih karena perubahan hormonal pada sang ibu. Hal ini dapat menyebabkan kematian pada bayi di dalam kandungan. Oleh karena itu, baik bagi ibu hamil untuk mengonsumsi air kelapa untuk mencegah infeksi dan menghilangkan racun di kandung kemih.

9. Mencegah Diabetes Gestasional



Menurut penelitian, mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan rendah akan gula maka dapat menghindarkan diri dari resiko diabetes gestasional. Air kelapa memiliki kandungan rendah gula sehingga aman untuk dikonsumsi.

10. Mencegah Kram



Semakin bertambahnya umur membuat resiko kehamilan semakin besar terutama pada tangan dan kakinya. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi kram pada tubuh. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil 9 bulan akan didapatkan.

Demikian manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan dengan cara mengkonsumsinya di saat mengandung.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment