Monday, October 17, 2016

Perbedaan Mata Minus dan Mata Silinder


Dunia Hawa – Memang sulit membedakan antara mata silinder dan mata minus, bila pengetahuan anda minim tentang mata, anda tidak akan bisa membedakan nya. sebelum membedakan kedua penyakit itu, ada baiknya kita bahas satu-persatu.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, penyakit mata silinder memang sangat menganggu seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dikarenakan mata silinder membuat keadaan dmana bola mata membentuk lengkungan yang tidak simetris pada kornea atapun lensa mata. Sehingga sinar yang masuk kedalam mata tidak dapat dibiaskan dengan kekuatan yang sama pada bidang pembiasan, sehingga focus retina pada benda tidak menjadi satu titik.

Sejatinya, mata kita ini membentuk seperti bola sepak yang bulat, karena itu semua sinar yang dibiaskan dari objek akan bertemu disatu titik retina. Bila bola mata kita berbentuk lonjong, maka sinar tidak akan bertemu disatu titik retina.

Mata Silinder dan Minus

Hal ini pula yang menyebabkan pandangan kita menjadi kabur, tidak jelas dalam melihat, melihat benda jadi berbayang ketika melihat dekat ataupun jauh.

Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja, yang paling umum terkena penyakit ini adalah dari usia belia hingga dewasa, tetapi ketika memasuki usia dewasa tingkat minus pada mata kita akan mengalami penurunan, atau bisa juga mengalami peningkatan tergantung dari pemeliharaan mata kita sendiri.

Gejala-gejala yang akan dialami oleh calon penderita penyakit silinder, sebagai berikut :

1. Mata menjadi kabur ketika melihat benda

2. Saat anda mengendarai malam hari, anda akan merasakan silau yang belebihan

3. Mata anda akan cepat sekali lelah

4. Kepala anda akan sakit ketika anda sedang focus melihat sesuatu benda

Anda pernah mengalami salah satu dari gejala itu? Berarti anda terkena penyakit mata silinder, sebaiknya segera untuk mengobati penyakit nya, karena akan sangat menganggu aktivitas keseharian anda..

Selanjutnya kita akan membahas pengertian dari penyakit mata minus.

Mungkin semua sudah tidak asing dengan penyakit ini, ya penyakit mata minus ini sangat sering kita jumpai di sekitar kita, bila teman/kerabat/sodara kita menggunakan kaca mata, itu sudah pasti mata dia minus, seseorang dengan penyakit mata minus ini mempunyai kelengkungan kornea yang lebih pendek dari orang normal, serta sumbu bola mata yang terbilang sangat panjang. hal ini menyebabkan ketika anda melihat objek benda yang berjarak sangat jauh akan terlihat buram atau tidak jelas (blur).

Aktivitas seperti menonton tv terlalu dekat, memainkan computer / handphone yang terlalu lama juga dapat membuat mata anda minus, selain itu juga factor turunan dari orang tua juga dapat menyebabkan mata minus.

Bila penyakit ini di derita oleh anak-anak, maka minus cenderung akan terus bertambah seiring pada masa pertumbuhan si anak.

Bila anda mengalami gejala-gejala seperti yang dibawah ini, maka anda sudah terkena penyakit mata minus.

Gejala-gejala tersebut adalah :

1. Kepala anda akan sangat gampang pusing

2. Bila anda melihat huruf atau tulisan yang sangat jauh, mata anda akan terasa sakit/nyeri

3. Memudarnya tulisan yang sedang anda baca

4. Bila melihat cahaya matahari mata anda akan terasa sakit

5. Terbatasnya jarak penglihatan anda

Menjaga kesehatan tubuh kita memang sangatlah penting, apalagi dibagian mata, karena indera yang paling penting dalam tubuh itu adalah mata.

Berikut adalah tips untuk selalu merawat/menjaga kesehatan mata anda, yaitu :

1. Banyak-banyak mengkonsumsi vitamin A, vitamin A sangatlah bagus untuk kesehatan mata anda.

2. Bila anda inging menjaga kesehatan mata anda, tidur lah yang cukup sehari 8 jam.

3. Jaga mata anda dari cahaya yang berlebihan seperti matahari, jangan terlalu lama menatap matahari.

4. Kurangi membaca disaat keadaan kekurangan cahaya / redup.

Itu adalah tips dari dunia hawa semoga bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata anda.

 [dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment