Tuesday, May 31, 2016

Ahok Akhirnya Mundur Juga, Mantap!


Dunia Hawa - Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto terkesan santai menanggapi manuver-manuver partai politik yang ingin mengusung cagub dengan tujuan mengalahkan Ahok pada Pilgub DKI 2017. 

Partai Gerindra dan PDIP belakangan ini terlihat mesra atau sedang menjajaki terbentuknya sebuah Koalisi Sumo bersama PKS dan PAN. Tidak tertutup kemungkinan masih ada parpol-parpol lain yang akan bergabung dengan Koalisi Sumo ini.

Menurut Wiranto hal itu wajar dan biarkan saja. Ia pun tidak memasalahkan jika ada parpol lain yang ingin mendukung Ahok. "Mau didukung partai politik silakan, didukung simpatisan, para aktivis atau penduduk di luar partai silakan," kata Wiranto. Mantap!

Koalisi Sumo yang ingin dibangun oleh PDIP dan Partai Gerindra serta parpol lain tadi ternyata tidak terlalu berpengaruh bagi seorang Wiranto. Makanya ia mengatakan biarkan saja, itu kan bebas. Ya, biarkan saja Pilgub DKI 2017 ini mengalir apa adanya.

Koalisi Sumo ternyata tidak menarik bagi Partai Golkar, atau Golkar cenderung menolak untuk bergabung. Rencananya Partai Golkar akan mengadakan Rapimnas sekitar satu minggu setelah Idul Fitri untuk memutuskan cagub yang akan didukung. Ketua Koordinator Bidang Polhukam Golkar Yorrys Raweyai memberi sinyal yang kuat bahwa dukungan politik partainya akan diberikan kepada Ahok. Mantap!

Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Indonesia I (Sumatera dan Jawa) Nusron Wahid menyatakan slogan partainya adalah 'Suara Rakyat Suara Golkar'. Kemudian ia pun antara lain mengatakan seperti ini, "Animo rakyat terhadap Ahok masih sangat tinggi. Kalau Golkar ingin konsisten dengan slogan itu, pilihannya adalah Ahok". Mantap!

Nasdem, Hanura dan Golkar akan mendukung Ahok melawan Koalisi Sumo yang akan mengusung Sjafrie Sjamsoeddin, Yusril Ihza Mahendra, Sandiaga Uno atau Djarot sebagai cagubnya. 

Ahok diperkirakan akan mudah mengalahkan ke empat calon kandidat dari Koalisi Sumo itu. Kemenangan telak pun akan diraihnya, apalagi kemarin ada sebuah tulisan yang menganalis dan mengatakan Presiden Jokowi semakin mantap saja mendukung Ahok. Mantap!

Namun di tengah kemantapan tadi Ahok menyatakan mundur atau batal ikut Pilgub DKI 2017. Bukan hanya batal maju lewat jalur independen saja. Parpol-parpol yang sedang menjajaki atau berencana untuk membentuk Koalisi Sumo pun terkejut! 

Tidak menyangka atas keputusan mundur Ahok tadi. Akhirnya rencana Koalisi Sumo pun bubar jalan, dan mereka pun menjadi bingung dan linglung, sebab tujuan awal ingin dibentuknya Koalisi Sumo adalah mengusung cagub yang bisa mengalahkan Ahok.

Ke empat calon kandidat tadi akhirnya mengambil jalan masing-masing. Sjafrie Sjamsoeddin-Sandiaga Uno diusung oleh koalisi yang dimotori oleh Partai Gerindra, sedangkan pasangan cagub Djarot-Boy Sadikin diusung oleh koalisi yang dipimpin oleh PDIP. Bagaimana dengan Yusril? Mental atau keluar dari gelanggang Pilgub seperti sudah diperkirakan oleh beberapa pengamat politik selama ini. Mantap!

Djarot pun tersenyum, karena wacana dirinya hanya dijadikan sebatas cawagub atau orang nomor dua (dua...dua...duaaaaaaa!) akhirnya batal, dan kini ia adalah cagub yang diusung oleh partainya sendiri, tapi sayang seribu kali sayang, mundurnya Ahok tadi hanya rumor belaka seperti halnya rumor abal-abal mundurnya Heru dari cawagub. Mantap!

[hulk2000/kompasioner]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment