Sunday, April 17, 2016

Hitung Tendangan Janin Yuk


Dunia Hawa - Kehamilan merupakan anugerah yang tak ternilai. Mengetahui dan merasakan ada makhluk hidup di dalam tubuh kita yang siap untuk melihat dunia merupakan karunia yang tak terhingga.

Ketika kehamilan menginjak usia trimester III, dokter menyarankan agar Saya mulai memperhatikan gerakan janin. Tepatnya untuk mengetahui apakah gerakannya tetap ataukah berkurang. Tentukan satu waktu dimana bayi Mama biasa bergerak aktif. Menurut dokter, biasanya dalam waktu dua jam sedikitnya Mama harus merasakan 10 kali gerakan atau tendangan bayi. Jika dalam waktu dua jam Mama menghitung tidak sampai 10 kali, maka sebaiknya Mama segera menghubungi dokter ataupun bidan terdekat untuk berkonsultasi.

Berikut adalah kemungkinan pergerakan janin yang terjadi selama usia kehamilan:

1. Week 12 : Janin di dalam rahim Mama mulai bergerak. Namun Mama mungkin belum merasakan pergerakannya Karena ukuran janin masih terlalu kecil.

2. Week 16 : Mama mungkin akan mulai merasakan pergekan janin yang menyerupai pergerakan kupu-kupu kecil yang terbang perlahan.

3. Week 20 : Di minggu ini, Mama akan benar-benar bisa merasakan gerakan janin yang sesungguhnya. Gerakan ini dikenal dengan istilah “quickening”.

4. Week 24 : pergerakan janin semakin terasa dan Mama bisa mulai merasakan gerakan salto si bayi.

5. Week 28 : Bayi Mama mulai semakin sering bergerak. Bahkan Mama bisa mereasa sedikit kesakitan dengan tendangan dan tinju si bayi  Mama

6. Week 36 : Karena rahim sudah mulai sempit untuk si bayi yang sudah mulai membesar, maka pergerakan bayi di usia ini akan sedikit berkurang. Namun sekali dia bergerak, Mama akan merasakan sedikit sesak nafas.

Semoga membantu ya Mama, dan selamat menghitung dan merasakan tendangan si kecil di dalam perut Mama.

dr. Febriansyah Darus, SpOG  
AHLI OBSTETRI DAN GINEKOLOGI

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment