Wednesday, March 23, 2016

Taxi Online


Dunia Hawa – Sejak awal saya sudah mem-prediksi bahwa akan terjadi benturan antara perusahaan angkutan umum biasa dengan online.

Terutama di angkutan umum Taksi.

Selama ini pendapatan taksi menurun drastis ketika muncul gojek online. Mereka yang biasa mengeluh harus membayar puluhan ribu rupiah ketika naik taksi sendirian, akhirnya punya alternatif cukup belasan ribu rupiah dengan naik gojek. Kalau banyak orang naik taksi lebih murah.

Munculnya taksi online ini seperti gunung meletus bagi supir taksi. Persaingan bisnis semakin ketat dan pendapatan mereka akan menjadi jauh berkurang.

Saya juga heran dengan pemerintah, untuk apa taksi online diperbolehkan? Toh taksi online hanya membuat sesak jalanan yang sudah sesak. Adanya armada taksi online sama sekali tidak mendukung program pemerintah untuk mengurangi kepadatan di jalan raya. Taksi online ini hanya bagian dr program perusahaan otomotif untuk tetap bisa menyalurkan produksinya ke jalan.

Jika gojek online, memang itu kebutuhan masyarakat dan harus dilindungi. Tapi taksi online untuk apa dilindungi? Kalau alasannya untuk menambah lapangan pekerjaan, toh blue bird sendiri butuh banyak sekali supir karena ada armada2nya yang belum jalan.

Semoga pakde bisa membuat keputusan bijak terkait ini, sama seperti keputusan bijak yang dikeluarkannya saat meindungi gojek online.

Ini juga berbahaya untuk profesi superhero seperti Batman ini. Nanti kalau ada Batman online bagaimana ? Pesan Batman untuk antar barang… Jatuh kalipun martabat awak ini.

[denny siregar]




Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment