Saturday, October 29, 2016

Resep.Udang Saus Tiram


Dunia Hawa - Udang merupakan salah satu makanan laut yang banyak digemari, karena rasa dan aromanya sangat lezat dan gurih.

Sehingga disajikan dalam bentuk olahan apapun, udang selalu lebih enak dan nikmat. Tak hanya itu saja, udang juga bisa diolah menjadi terasi maupun kerupuk udang. Kedua jenis olahan udang ini juga cukup banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai makanan pelengkap.

Sebelum kita berbagi resep masakan udang saus tiram, ada baiknya kita membahas kandungan nutrisi pada udang yang sangat penting bagi tubuh. Udang mengandung banyak vitamin yang sangat tinggi dan baik dikonsumsi.

Ada berbagai macam vitamin yang terkandung pada udang seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B12, vitamin D, niacin, vitamin c dan lain sebagainya. Udang juga memiliki kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan mineral pada udang lebih mudah diserap dibandingkan pada sejenis serealia maupun kacang kacangan.

Tak hanya mengandung sumber mineral saja, udang juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan sebagai energi tambahan pada tubuh. Asam amino pada udang juga sangat penting bagi kita yang ingin membentuk otot-otot tubuh. Udang memiliki kandungan rendah kalori, sehingga sangat baik sebagai salah satu makanan diet harian Anda.

Namun, udang memiliki kandungan asam lemak essensial yang sangat banyak seperti Omega 3 dan Omega 6 yang sangat baik bagi tubuh. Selain kandungan gizi, udang juga memiliki manfaat yang sangat baik seperti menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku, mencegah peyakit kanker, meningkatkan energi, mencegah anemia, menguatkan tulang, mengurangi resiko depresi dan membantu untuk memproses lemak dalam tubuh.

Nah, berbicara mengenai udang saus tiram memang kini banyak dijadikan salah satu menu makanan favorit di restoran-restoran seafood. Udang yang memiliki rasa yang sangat khas jika dibaluri bumbu saus tiram yang asin, maka khas makanan lautnya lebih terasa dan lebih gurih.

Apalagi jika Anda menyajikannya dengan tambahan bahan dan bumbu rempah-rempah. Hal ini membuat sajian masakan yang satu ini lebih istimewa untuk keluarga tercinta. Tambahan bumbu rempah-rempah membuat aroma udang saus tiram lebih harum dan khas lagi. Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana resep masakan udang saus tiram, berikut ini sajian resep praktisnya untuk Anda.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat udang saus tiram :
• 250 udang segar, bersihkan, kupas kulit da buang kepalanya, lalu cuci sampai bersih
• 2 sdm mentega
• 2 siung bawang putih, iris tipis
• ½ siung bawang bombay, iris
• 2 sdm kecap
• 1,5 sdm saus tiram
• ½ sdt merica
• garam secukupnya
• minyak goreng secukupnya
• ½ ruas jahe, iris tipis
• air secukupnya

Cara membuat udang saus tiram :
1. Pertama-tama, bersihkan udang terlebih dahulu lalu sisihkan dalam wadah.
2. Siapkan minyak dalam wajan, lalu panaska. Setelah itu tambahkan dengan mentega, bawnag putih, bawang bombay, dan jahe yang sudah diiris tipis. Lalu tumis sampai tercium aroma wanginya.
3. Setelah tercium aroma harum, masukan udang lalu aduk-aduk, tambahkan dengan kecap, merica, garam dan saus tiram. Aduk kembali sampai merata tunggu sampai meresap.
4. Jika Anda merasa airnya makin surut atau ingin ditambahkan, bisa menambahkan sedikit air saja sesuai selera lalu tunggu lagi sampai matang dan semua bumbu meresap.
5. Sembari dicicipi, jika ada bumbu yang kurang bisa Anda tambahkan. Namun, jika sudah pas dan udang sudah matang, angkat lalu sajikan.

Nah, itulah sajian resep masakan udang saus tiram yang lezat untuk disajikan bersama keluarga baik saat makan siang maupun makan malam. Selamat mencoba.

[resep dapur ibu]



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment