Saturday, February 16, 2013

Resep Masakan " Pizza Terong Keju "





Terong diolah dalam spageti, tentu sudah biasa. Tetapi terong untuk topping pizza, tentu menjadi cara lain menikmati pizza vegetarian.


 Bahan roti:
1 sdt ragi instan
1 sdm gula pasir
100 ml air hangat
200 gr tepung terigu
2 sdm minyak zaitun
1 sdt garam
Sedikit tepung terigu untuk taburan

Topping:
2 sdm minyak zaitun
150 gr bawang bombai, iris tipis membujur
2 siung bawang putih, cincang halus
200 gr terung ungu, iris tipis
100 gr jamur kancing, iris tipis
3 sdm krim kental
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk
1/4 sdt oregano bubuk
200 gr keju mozzarella, parut kasar
25 gr daun basil 


Cara membuat:
1. Roti: Larutkan ragi instan dan gula pasir dengan air hangat, sisihkan. Dalam wadah, campur tepung terigu dengan minyak zaitun dan garam, lalu tambahkan larutan ragi instan dan gula, uleni selama 5 menit atau hingga kalis. Tutup wadah dengan plastik dan biarkan selama 15 menit supaya adonan mengembang. Bagi adonan menjadi dua bagian. Pipihkan adonan menjadi bentuk bulat dengan tebal 2 mm di atas permukaan datar yang sudah ditaburi sedikit tepung terigu. Sisihkan.

2. Topping: Panaskan minyak zaitun di dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan jamur, tumis hingga matang. Tambahkan krim kental, garam, lada bubuk, dan oregano bubuk. Masak terus selama 1 menit. Angkat.

3. Tuang topping jamur di atas tiap-tiap adonan roti, ratakan. Taburi dengan keju mozzarella. Letakkan pizza di atas loyang yang sudah diolesi minyak. Panggang pizza selama 15 menit dalam oven bersuhu 220 derajat Celcius atau hingga roti menjadi garing. Keluarkan, taburi dengan daun basil. Sajikan.

Untuk 4 porsi

Nilai gizi per porsi:
Energi: 199 Kal
Protein: 16,4 gr
Lemak: 1,2 gr
Karbohidrat: 29,5 gr

Resep: Hindah Muaris, pemerhati kulinologi

Artikel Terkait