Friday, November 9, 2012

Memahami Ibu Hamil Ngidam

  Hampir sebagian perempuan hamil mengalami masa mengidam selama kehamilannya. Faktanya, hampir sebagian besar perempuan yang hamil mengidamkan beberapa makanan atau bahkan ada yang ngidam makanan yang aneh selama kehamilan.


Kebanyakan makanan yang diidamkan adalah makanan manis, dan asin, sementara ada juga makanan yang pedas atau makanan berlemak. Tapi kenapa perempuan yang hamil mengalami ngidam?

Terdapat banyak alasan perempuan yang hamil mengalami masa ngidam. Penjelasan sederhananya adalah tubuh bekerja 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu untuk pertumbuhan bayinya. Beberapa hal yang diidamkan adalah apa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menambahkan kalori selama kehamilan.

Masa ngidam juga bisa berarti sinyal dari kekurangan suatu nutrisi. Beberapa perempuan yang menjalani program vegetarian mungkin akan mengidamkan untuk makan steak dan daging merah lainnya selama hamil. Ini berarti tubuh memerlukan zat besi lebih untuk membantu pertumbuhan bayi.

Ada beberapa perempuan hamil mengonsumsi makanan tertentu yang mungkin tidak pernah dikonsumsi jika tidak hamil. 



Banyak perempuan mendeskripsikan masa ngidamnya sebagai keinginan bayi, tapi sebenarnya ngidam bukanlah wujud dari apa yang diinginkan sang bayi tapi karena ada perubahan psikologis dan tubuh yang dialami oleh ibu saat hamil. Sementara perempuan yang suka mengonsumsi makanan yang asam-asam pada saat ngidam cenderung dilakukan untuk mengurangi rasa mual, namun sebaiknya jangan berlebihan karena bisa menimbulkan masalah pada kesehatan lambung.

Beberapa perempuan yang hamil memiliki hubungan yang sederhana antara kehamilan dengan masa ngidamnya. Tidak ada yang salah dalam sebagian kasus yang dialami oleh perempuan yang ngidam. Selama sesuatu yang diidamkan tersebut tidak mengganggu kesehatan ibu dan sang bayinya.

Kadang-kadang perempuan yang hamil menginginkan sesuatu yang aneh saat ngidam. Kondisi ini sering disebut dalam masyarakat medis sebagai "pica" yang biasanya menandakan bahwa seseorang kekurangan zat besi atau bisa juga seseorang yang membutuhkan vitamin B.

Jadi, selama apa yang diidamkan oleh ibu tidak mengganggu kesehatannya maka tidak ada salahnya untuk diwujudkan. Berilah perhatian lebih serta manjakan sang istri agar tidak mengalami stres selama masa kehamilannya.

sumber : shutterstock

 

Artikel Terkait