Saturday, October 27, 2012

Penyebab Sakit Maag


Penyakit maag bisa menyerang siapa saja. Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung bisa karena si penderita makannya tidak teratur atau yang lainnya. Penyakit maag dibedakan menjadi 4, yaitu Maag ringan, maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini. Maag sedang, pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan. Maag kronis, maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa. Sampai kanker lambung, merupakan akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori. 

Sakit Maag adalah sakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan sehat.

Penyebab Penyakit maag
Karena penyakit ini timbul dari lambung maka penyebab sakit maag yang sering terjadi dikarenakan penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau pola hidup yang kurang sehat seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag dapat terjadi apabila penderita telat makan, lalu pada saat makan si penderita makan dengan porsi yang berlebihan/terlalu banyak. Pada penderita maag yang sudah parah, yaitu kanker lambung dapat menyebabkan penyakit maag tersebut berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian pada si penderita. 

Sebetulnya banyak orang yang sudah terkena penyakit ini akan tetapi mereka tidak menyadarinya. Walaupun penyakit tersebut masih dalam tahap ringan. Namun dapat juga menyebabkan sampai ke tahap berikutnya. Untuk menghindari penyakit tersebut menyerang kita, kita harus mengubah pola hidup kita ke pola hidup yang sehat. Selain itu untuk menghindari penyakit ini ada beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi, yaitu tidak boleh minum kopi (karena dapat meningkatkan asam lambung), makan makanan yang sangat asam atau pedas (makanan yang merangsang perut).

Beberapa gejala penyakit maag
  • Sakit saat buang air besar
  • Nyeri yang luar biasa.
  • Mual dan muntah,
  • Sering merasa lapar,
  • Perut kembung 

source : Tipsku.info

Artikel Terkait