Saturday, October 27, 2012

Gejala Penyakit Maag


Gejala penyakit maag bisa sangat umum dan tidak terlalu spesifik sehingga terkadang bisa agak menyulitkan untuk membedakannya dengan gejala penyakit lain. Namun, biasanya, dokter yang baik dan cukup berpengalaman, dapat dengan mudah mendiagnosis dan mendapat gambaran lengkap akan kondisi penderita dari gejala penyakit maag yang muncul dan terlihat.

Sangat sulit untuk menjalani hari-hari anda dengan normal apabila anda mengalami gejala penyakit maag. Semakin cepat seorang penderita maag mendapatkan perawatan yang tepat, akan semakin baik kualitas hidup yang ia dapatkan. Salah satu gejala penyakit maag yang paling umum dirasakan oleh para penderita penyakit maag adalah rasa tidak nyaman di daerah perut dan malangnya, ketidaknyamanan itu bisa terus berlanjut dan bahkan menjadi lebih buruk setelah si penderita makan. Akan tetapi, gejala penyakit maag berupa rasa tidak nyaman di daerah perut juga bisa berarti hal lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan penyakit maag. Anda yang berperut buncit juga sering mengalami rasa tidak nyaman pada perut anda yang biasanya akan hilang atau mereda setelah anda menekan dengan lembut atau melakukan pijatan ringan pada perut. Kondisi ini penting untuk dibedakan dengan gejala penyakit maag yang akan kita bahas di artikel ini.

Gejala penyakit maag lainnya adalah rasa nyeri hebat  atau ketidaknyamanan di daerah perut, diantara tulang rusuk bagian bawah dan pusar, yang terkadang bertambah buruk setelah makan atau terkadang malah membaik setelah si penderita makan. Beberapa jenis makanan terbukti menyebabkan keadaan penderita penyakit maag menjadi jauh lebih buruk, sementara makanan lain dapat membantu untuk meredakan rasa sakit. Makanan dengan kandungan asam yang tinggi jauh lebih mungkin menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Sedangkan telur dan produk susu biasanya lebih disarankan untuk penderita penyakit maag karena dapat lebih mudah dicerna system pencernaan manusia.  

Bagi kebanyakan orang, salah satu gejala penyakit maag yang terburuk dan paling mengganggu adalah rasa mual, yang sering disertai dengan muntah. Hal ini dapat menjadi salah satu gejala penyakit maag yang paling sulit untuk dihadapi. Tak seorang pun dari kita suka mengalami perasaan mual dan ingin muntah. Ini adalah gejala penyakit maag yang membuat para penderita penyakit maag merasa sangat sulit untuk menjalani aktifitas sehari-hari yang normal. Gejala penyakit maag yang mengakibatkan anda muntah-muntah, merupakan tanda peringatan bahwa penyakit maag yang anad derita cukup serius dan harus segera mendapatkan perawatan yang tepat. Apabila anda terus menerus muntah selama beberapa waktu, anda akan mengalami kekurangan cairan yang akan membawa anda ke kondisi kesehatan yang lebih berisiko untuk terkena penyakit lain karena daya tahan tubuh yang semakin menurun.

Untuk sebagian besar orang, salah satu gejala penyakit maag yang paling umum adalah perut anda terasa penuh dan membengkak. Ini gejala penyakit maag yang benar-benar terjadi dan bukan hanya perasaan anda saja. Secara harfiah, perut anda akan membuncit, dan dapat membuat anda merasakan ketidak nyamanan saat mengenakan pakaian yang biasa anda kenakan sehari-hari. Anda juga akna merasakan tidak nyaman saat harus duduk sehingga akan menghambat kegiatan anda. Semua gejala penyakit maag yang saya paparkan di atas akan menyebabkan penurunan nafsu makan secara drastis karena kebanyakan penderita maag ketakutan makan hanyak akan membuat keadaan menjadi semakin buruk. Penelitian membuktikan, orang yang menderita gejala penyakit maag cenderung menghindari makanan kareana takut akan mengalami serangan penyakit maag atau memburuknya gejala penyakit maag yang dialami.

Gejala penyakit maag yang paling serius dan tanda bahwa penyakit maag anda telah sangat parah adalah muntah darah. Itu adalah indikasi adanya darah di system pencernaan anda dan itu kondisi medis yang sangat berbahaya dan tidak lagi bisa dianggap sepele. Sebaliknya, gejala penyakit maag yang paling sering dialami adalah gangguan pencernaan sederhana seperti rasa mulas. Kebanyakan orang menganggap remeh dan tidak menganggap serius gejala penyakit maag ringan ini. Biasanya mereka yang mengalami akan membeli obat warung yang dijual bebas di pasaran yang umumnya berhasil meringankan gejalanya. Sayangnya, hal ini tidak akan membuat anda bebas dari penyakit maag itu sendiri. Hal ini hanya memungkinkan penyakit maag  untuk terus berkembang menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu sampai akhirnya tubuh anda tidak mampu lagi dan gejala penyakit maag yang jauh lebih serius muncul. 
source : Penyakitmaag.com

Artikel Terkait