Sunday, October 21, 2012

Khasiat Nangka Untuk Kesehatan


Tampaknya tak ada yang tidak mengenal nangka, buah musiman berdaging tebal berwarna kuning dengan rasanya yang manis nikmat. Rasanya yang enak menjadikan buah ini sebagai makanan yang sangat digemari. Apalagi Manfaat buah nangka sangat banyak dan beragam dari kandungan gizinya yang tinggi.

Buah nangka yang mudah rusak mendorong munculnya berbagai upaya untuk lebih mengawetkan makanan itu dalam berbagai bentuk olahan, seperti dijadikan keripik, dibuat selai, dijadikan dodol, dan berbagai bentuk olahan lainnya. Hal ini agar buah nangka yang kaya gizi dapat dikonsumsi setiap saat dan sepanjang waktu.

Kandungan Gizi

Buah nangka kaya dengan kandungan energi yang tinggi, yaitu sebanyak 106 kalori untuk setiap 100 gram. Begitu juga kandungan karbohidratnya yang mencapai 27,6 gram dan protein sebanyak 1,2 gram, menjadikan buah ini layak sebagai bahan pangan alternatif. Namun sebaiknya hati-hati dalam mengkonsumsi buah nangka dalam jumlah yang banyak. Hal ini karena buah kenyal ini dapat menimbulkan gas dalam perut. 

Khasiat Daun Pandan sebagai Obat

Buah nangka juga kaya dengan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan maupun mencegah penyakit. Banyaknya kandungan vitamin A (sebanyak 51 RE) dan vitamin C (sebanyak 20 mg) sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Begitu juga dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi (20 mg) dan fosfor (19 mg), maupun mineral lainnya seperti zat besi (0,9 mg) yang sangat baik sebagai anti oksidan, anti kanker, untuk memperkuat tulang dan gigi, dan melancarkan pencernaan.

Manfaat buah nangka untuk kesehatan juga terlihat dari kandungan kaliumnya yang cukup besar yang sangat berguna untuk mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi.

Manfaat Bagian Lain Nangka

Selain buahnya, bagian nangka lainnya juga banyak mengandung gizi yang sangat berguna bagi kesehatan. Diantaranya biji nangka, diketahui banyak mengandung karbohidrat, protein dan energi yang tak kalah besarnya dibandingkan buahnya. Begitu juga kandungan mineralnya, seperti kalsium, dan fosfor yang cukup banyak. Hal ini mendorong pengolahan biji nangka dalam berbagai bentuk olahan, khususnya untuk dibuat tepung makanan.

Manfaat buah nangka juga dapat diambil dari bagian pohon lainnya. Daun nangka banyak dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Begitu juga dengan kayu pohon nangka yang kuat, mudah dibentuk, serta tahan terhadap rayap dan tidak mudah lapuk, menjadikannya sebagai kayu pilihan. Kayu pohon nangka banyak digunakan untuk membangun rumah maupun pembuatan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga, seperti kusen, daun pintu, ataupun meja.

Sedangkan getahnya kadang dimanfaatkan untuk mainan dalam menangkap capung ataupun serangga oleh anak-anak. Buah nangka yang masih muda juga banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sayuran, seperti sayur lodeh yang enak.

Deskripsi:
Nangka (Artocarpus heterophyllus) tergolong tumbuhan serbaguna. Batangnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan furniture, buahnya dimanfaatkan sebagai makanan olahan. Sedangkan daun dan bijinya bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan:
* buah
- albuminoid
- karbohidrat

* batang
- morin
- sianomaklurin (zat samak)
- flavon
- tanin.

Khasiat:
* daun
- antidiabetes

* biji
- obat batuk
 

sumber:  suaramedia.com

Artikel Terkait