Friday, September 14, 2012

Kelebihan dan Kekurangan Operasi Caesar


Ada dua macam cara ibu melahirkan bayinya, yaitu melahirkan secara normal atau operasi caesar. Pada umumnya wanita lebih memilih melahirkan secara normal, tetapi karena beberapa sebab akhirnya mereka terpaksa menjalankan operasi caesar. 


Penyebab yang mengharuskan ibu hamil menjalani operasi caesar bisa karena kondisi bayi dan bisa karena ibu itu sendiri. Kondisi bayi yang mengharuskan dicaesar adalah air ketuban pecah namun belum ada kontraksi akan melahirkan, bayi terlilit tali pusar sehingga tidak dapat keluar secara normal, usia bayi belum matang (prematur), posisi bayi sungsang, dan lain-lain. 

Sedangkan kondisi ibu melahirkan yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal adalah panggul sempit sedangkan bayi besar, ibu kurang kuat mengejan, riwayat caesar sebelumnya, pre eklamsia, dan sebagainya.
 
Operasi caesar hendaknya tidak dilakukan kecuali jika benar-benar dibutuhkan karena resiko operasi caesar cukup serius. Meskipun demikian, operasi caesar memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding dengan melahirkan secara normal.
Kelebihan atau manfaat operasi caesar antara lain:
  1. Ibu melahirkan tidak merasakan sakit ketika melahirkan bayinya karena efek obat bius.
  2. Wanita bisa memilih tanggal kelahiran bayi sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Jalan lahir utuh sehingga organ kewanitaan sama seperti sebelum melahirkan.
  4. Sangat dibutuhkan untuk wanita dengan riwayat melahirkan caesar, pinggul sempit, hipertensi, persalinan lama, atau ibu tidak kuat mengejan
Sedangkan kekurangan atau resiko operasi caesar adalah:
  1. Rasa sakit yang sangat pada bagian perut dan rahim akibat robekan saat operasi. Hal ini tidak dirasakan oleh ibu melahirkan secara normal.
  2. Kemungkinan terjadi infeksi rahim dan perdarahan yang lebih banyak daripada persalinan normal.
  3. Kemungkinan trauma pada organ tubuh yang lain.
  4. Membutuhkan masa pemulihan yang lebih lama daripada persalinan normal, bahkan efeknya masih dirasakan hingga bertahun-tahun.
  5. Biaya yang dikeluarkan untuk melahirkan dengan cara caesar jauh lebih besar.
  6. Ada bekas operasi pada perut bagian bawah.
Kesimpulannya, secara umum melahirkan secara normal tetap lebih baik, namun operasi caesar sangat dibutuhkan untuk kondisi-kondisi tertentu dengan tujuan menyelamatkan ibu melahirkan dan bayi yang dilahirkan.

sumber : kehamilan.org

Buka juga yang ini : 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment