Thursday, September 27, 2012

Diet untuk Gula Darah Tinggi


Bagi pengidap diabetes, menjaga kadar gula dalam darah adalah keharusan. Kuncinya dengan menjaga pola makan atau diet. Salah satu diet yang dapat mengurangi gejala diabetes tipe-2 adalah diet pritikin. Apakah benar, diet ini dapat menurunkan kadar gula darah hanya dalam waktu tiga minggu?


Diet pritikin adalah pola makan yang menyantap makanan rendah lemak, atau bahkan tidak berlemak sama sekali. Tetapi jangan sampai menyamakan diet ini dengan vegetarian, karena asupan ikan masih dilegalkan.

Di tiga hari pertama menerapkan diet ini, perut serasa tidak nyaman. Tetapi selanjutnya, perut akan kembali normal. Terbukti dalam waktu seminggu, kadar gula darah bisa turun hingga 7 persen, dan menyusutkan berat badan hinngga 4,5 kg. Untuk hasil yang lebih maksimal, berolahragalah dengan cukup dan teratur, minimal tiga kali dalam seminggu.

Panduan utama:
* Kunyahlah sayur dan buah sebanyak-banyaknya. Tetapi kita harus membatasi menikmati jus, satu cangkir setiap hari. Sebab, kandungan gulanya dapat meningkatkan gula dalam darah.
* Asupan ikan lebih baik ketimbang daging merah. Porsi yang disarankan sebesar telapak tangan. Asupan lain yang dapat menjadi pilihan adalah sumber protein lain seperti kacang-kacangan.
* Rutin berolahraga. Olahraga satu jam sehari, membantu mengurangi kadar insulin. Jika dilakukan secara rutin, minimal tiga kali seminggu, dapat menjaga insulin dalam keadaan normal.

sumber : Prevention Indonesia Online

buka juga yang ini :  

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment