Wednesday, August 29, 2012

Lactobacillus reuteri Prodentis Efektif Untuk Pengobatan Periondotitis


Dari studi yang ada menunjukkan bahwa Lactobacillus reuteri Prodentis mempunyai efek yang sinergistik dengan pengobatan standar seperti scaling dan root plaining dalam menurunkan secara bermakna probing pocket depth (PPD) dan clinical attachment level (CAL) yang keduanya merupakan parameter yang penting untuk menilai keparahan periodontitis.
Lebih lanjut, Lactobacillus reuteri Prodentis merupakan probiotik pertama yang secara bermakna mampu menekan pertumbuhan bakteri tiga patogen pada pasien dengan periodontitis kronik. Studi ini juga sebagai konfirmasi efek anti-inflamasi dari L. reuteri Prodentis pada gingivitis.

Periodontitis kronik terjadi pada lebih dari 40% populasi dewasa. Pengobatan standar bertujuan menghilangkan plak pada sarung gigi untuk menurunkan bakteri patogen pada periodontal dan mencegah progresivitas penyakitnya.  Sebanyak 30 pasien dengan periodontitis kronik dimasukkan sebagai subyek studi dengan disain acak tersamar ganda, dan diberikan Lactoabcillus reuteri Prodentis atau plasebo selama 42 hari. Pada hari ke-0, sebagian kelompok pasien diberikan tindakan SRP, sedangkan sebagian lainnya tidak dilakukan  tindakan SRP. Pada hari ke21 sampai ke-42 pasien diberikan suplementasi L. reuteri Prodentis lozenges (1X10 pangkat 8 CFU DSM 17938 and 1x10 pangkat 8 CFU ATCC PTA 5289) atau plasebo lozenges dua kali sehari.
Hasilnya menunjukkan bahwa kombinasi Lactoabcillus reuteri Prodentis dan SRP secara bermakna memberikan efek yang lebih baik dibandingkan dengan semua modalitas lainnya dalam menurunkan gingivitis dan plak. Selanjutnya Lactobacillus reuteri baik sebagai agen tunggal maupun dikombinasikan dengan SRP secara bermakna menurunkan pertumbuhan beberapa bakteri patogen seperti: Aggregibacter actinomycetemcomitans, Porphyromonas gingivalis dan Prevotella intermedia sebesar 90% dibandingkan dengan tindakan yang tanpa diberikan Lactobacillus reuteri Prodentis.
Dan juga kombinasi antara Lactobacillus reuteri Prodentis dan SRP secara bermakna lebih baik jika dibandingkan dengan SRP saja dalam neurunkan baik PPD dan CAL dengan p<0,001. Studi jangka pendek ini menekankan bahwa Lactobacillus reuteri Prodentis sendiri mempunyai efek yang kuat terhadap bakteri patogen pada periodontitis dan kombinasi antara Lactoabcillus reuteri Prodentis dengan SRP bersifat sinergistik dalam memperbaiki baik PPD dan CAL, dan studi ini juag menekankan bahwa Lacotbacillus reuteri Prodentis terbukti efektif sebagai pilihan pengobatan untuk pasien dengan penyakit periodontitis. Dan studi ini sudah dipublikasikan dalam Journal of Oral Microbiology, doi: 10.3402/jom.v2i0.5344. 
sumber:  http://flucard.blogspot.com/2010/11/lactobacillus-reuteri-prodentis-efektif.html

artikel terkait : 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment