Friday, August 17, 2012

Cara Membakar Kalori di Kantor


Olahraga rutin tak harus pergi ke gym. Anda juga bisa menciptakan rutinitas olahraga untuk membakar lebih banyak kalori di sela kesibukan bekerja.
Cara yang paling umum ditemui adalah dengan melakukan peregangan di sela waktu kerja, berjalan kaki menuju dan sepulang kantor, atau melakukan kebiasaan baru seperti bike to work.

Sejumlah cara lain yang kreatif juga bisa dilakukan. Modalnya, motivasi diri dan berpikir out of the box.

Rapat atau diskusi pekerjaan sambil berjalan kaki
Rapat atau sekadar berdiskusi tentang projek yang sedang ditangani tim Anda tak harus dengan duduk diam dalam ruangan. Obrolan seputar pekerjaan bisa dilakukan sambil berjalan kaki di sekitar area gedung. Jika cuaca cerah, rapat sambil berjalan kaki bisa juga dilakukan di ruangan terbuka. Tentu saja, rapat yang bisa dilakukan dengan cara seperti ini yang sifatnya brainstorming dan bukan rapat presentasi yang membutuhkan fasilitas pendukung.

Jalan kaki dengan cara tepat
Jika Anda pekerja lapangan dan memungkinkan untuk lebih sering berjalan kaki, manfaatkan untuk berolahraga dengan cara yang benar. Berjalanlah lebih cepat dengan posisi tegak. Naikkan dagu Anda dan posisi pundak sedikit ke belakang. Prinsipnya, usahakan agar tidak berjalan kaki dengan posisi bungkuk. Atur nafas dengan baik saat berjalan kaki. Dengan cara ini, Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan sambil juga membakar kalori. Tak perlu latihan dengan treadmill di gym bukan?

Tetap berolahraga meski sering bepergian untuk urusan pekerjaan
Manfaatkan setiap waktu saat Anda bepergian untuk urusan pekerjaan. Saat penerbangan tertunda, manfaatkan waktu di bandara dengan berjalan kaki di sekitar bandara, tentunya bawa serta tas Anda. Saat tinggal di hotel, manfaatkan fasilitas yang ada seperti treadmill, kolam renang atau alat gym lainnya. Banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam kamar hotel. Squat, lunge, sit up, atau push up contohnya.

Meja kerja treadmill? Mengapa tak dicoba?
Jika memungkinkan, ubah desain meja kerja Anda dengan menggabungkan treadmill dan komputer. Hhm, tak semua orang bisa mendapatkan fasilitas seperti ini. Bagi Anda yang memungkinkan melakukan hal ini, mengapa tak dicoba. Rancang meja kerja di bagian atas treadmill. Jadi, Anda tetap bisa bekerja sambil berjalan kaki menggunakan treadmill. Anda tak harus melakukan pekerjaan dengan  menggunakan treadmill sepanjang hari. Cukup lakukan 2-3 jam sehari.

Peneliti dari Mayo Clinic mendapati temuan bahwa komputer berjalan seperti ini membantu pekerja menurunkan berat badannya. Bekerja sambil berjalan kaki secara rutin, dengan durasi 2-3 jam dalam sehari, membantu Anda menurunkan berat badan 20-30 kg dalam setahun.

Anda punya cara kreatif lain agar tetap bisa membakar kalori saat bekerja?


Sumber: Mayo Clinic

buka juga yang ini :  
8 Strategi Mencegah Stroke  
Berkelit dari Lemak Hidangan Lebaran 
5 Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori

 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment