Friday, August 17, 2012

5 Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori

Susah bangun pagi dan mulai berolahraga? Tak perlu frustrasi, karena melakukan berbagai pekerjaan rumah bisa membantu pembakaran kalori.
Tetapi pekerjaan rumah seperti apa yang paling efektif dalam membakar kalori?

1. Berkebun
Kalori berlebihan dalam tubuh diperoleh dari makanan tak sehat atau junk food. Jika punya kebun yang luas, ini saatnya untuk membersihkan halaman dan menanaminya dengan sayur dan buah. Tahukah Anda, mencabut rumput liar, memungut daun-daun kering yang berserakan, menggali lubang tanam, dan menyiram tanaman bisa membakar 600 kalori setiap hari. Bayangkan jika hal ini dilakukan setiap hari.

Jika berkebun dirasa terlalu berat karena harus mencangkul lubang tanam, maka memotong rumput di halaman juga bisa jadi solusi. Memotong rumput di halaman bisa membakar 300 kalori per jam-nya.

2. Belanja
Rutinitas yang satu ini pastinya sangat disukai perempuan. Ungkapan "shop till you drop" ternyata bukan hanya sekadar ungkapan, karena semakin lama Anda berkeliling untuk browsing toko-toko di mall, kalori yang terbakar lebih banyak. Ketika berbelanja, Anda bisa membakar sekitar 250 kalori per jam dengan cara yang menyenangkan. Akan tetapi berhati-hatilah, semakin lama belaja bisa-bisa kantong Anda yang bolong.

4. Tidur
Hmm... kegiatan yang satu ini sering dianggap sebagai kegiatan orang yang malas. Padahal, saat tidur kita tetap membakar kalori lho. Tidur malam dengan nyenyak selama delapan jam disebut-sebut bisa membakar 350 kalori.

5. Bersih-bersih rumah
Rasanya malas ya kalau harus bersih-bersih rumah. Meski tak menyenangkan, tapi menyapu, mengepel, atau membersihkan debu di kusen pintu dan jendela, sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan rumah sekaligus membakar kalori. Luangkan waktu satu jam dari waktu luang Anda untuk membersihkan jendela atau lantai, menata kembali kursi, atau membuang majalah bekas. Dan... 300-400 kalori akan terbakar karenanya.

6. Memasak
Sebagai ibu rumah tangga, memasak adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Selain bisa menyenangkan keluarga, memasak juga bisa menyenangkan diri sendiri. Karena ternyata memasak selama satu jam bisa membakar 90 kalori. Tetapi ingat, jangan sampai hasil masakan Anda juga masuk ke perut hingga 1000 kalori, ya.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment