Monday, January 7, 2019

Pengembang Ethereum Untuk Menerapkan Algoritma Yang Memblokir ASICs


Industri cryptocurrency terus berkembang karena teknologi yang mendasari blockchain masih sangat baru. Salah satu proyek yang mungkin mengalami pembaruan penting untuk algoritma penambangannya adalah Ethereum.

Pada tanggal 4 Januari, anggota komunitas pengembangan sumber terbuka Ethereum mencapai kesepakatan awal untuk mengimplementasikan algoritma baru yang penting yang memblokir perangkat keras penambangan khusus, atau ASICs.

Perubahan algoritma yang diusulkan akan memblokir penambang ASIC, yang terutama digunakan oleh operasi penambangan besar seperti Bitmain.

Jika perubahan kode yang diusulkan diterima oleh jaringan Ethereum, pertanian penambangan seperti Bitmain akan dicegah dari penambangan Ethereum, dan dengan demikian akan memungkinkan sistem yang lebih terdesentralisasi.

🔥Algoritma Penambangan ProgPow

Perubahan algoritma yang diusulkan disebut "ProgPow."

Meskipun perubahan kode ini memblokir penambang ASIC, kode ini memungkinkan ruang untuk tujuan umum atau perangkat keras GPU untuk ditambang. Perangkat keras GPU masih dapat digunakan untuk menambang Ethereum, tetapi penambang ASIC yang kuat telah mendorong metode ini karena tidak menguntungkan seperti menggunakan ASIC.

ASIC pertama kali dikembangkan untuk Ethereum pada awal April 2018, dan sejak itu telah mendominasi ruang penambangan. Meskipun ini bukan masalah besar selain sentralisasi penambangan, ini bisa menimbulkan masalah bagi transisi Ethereum ke Proof-of-Stake.

Berbicara tentang perubahan algoritma penambangan yang diusulkan, pimpinan keamanan Martin Holst Swende mengatakan bahwa beralih ke ProgPow akan membantu untuk memudahkan dan memastikan keamanan transisi Ethereum ke PoS.

Sebagaimana dinyatakan oleh Swende:

Kita tahu hari ini bahwa Ethhash memiliki kekurangan yang saat ini sedang ditargetkan. Jadi, itulah mengapa saya ingin beralih sesegera mungkin untuk memberi kami waktu untuk pindah ke Proof-of-Stake.

Bagi mereka yang tidak tahu, Proof-of-Stake adalah sistem penambangan cryptocurrency baru tetapi tanpa pembakaran listrik. Sebaliknya, pengguna menyisihkan koin yang sudah mereka pegang dan menaruhnya untuk penambangan blok baru.

Untuk menyimpulkan diskusi antara pengembang Ethereum open-source, petugas komunikasi Yayasan Ethereum, Hudson Jameson, sampai pada kesimpulan bahwa para pengembang telah secara tentatif setuju untuk mengimplementasikan algoritma baru.

Jameson berkata:

Sepertinya kami telah mencapai kesepakatan bahwa kami sementara akan melanjutkan dengan ProgPoW, yang berarti kami akan terus maju kecuali ada masalah besar yang ditemukan dengan pengujian atau hal-hal semacam itu. Kami akan maju dengan ProgPoW.

Kecuali jika pengembang menghadapi masalah yang tidak terduga selama pengujian, ProgPow diharapkan akan diimplementasikan dalam 2 hingga 4 bulan ke depan sebagai peningkatan sistem secara mandiri (hard fork).

🔥 Peningkatan Lainnya

Selain perubahan kode ProgPow yang diusulkan, Ethereum akan menjalani pembaruan sistem besar, Constantinople, pada 16 Januari. Ini akan menjadi peningkatan besar kelima Ethereum dan semula dijadwalkan pada November 2018.

Konstantinopel dikatakan memasukkan serangkaian perubahan desain termasuk peningkatan untuk merampingkan kode Ethereum dan penundaan bom kesulitan Ethereum, yang merupakan perbaikan kode yang dirancang untuk mendorong peningkatan yang sering.

Pembaruan ini juga akan mengurangi upah penambangan Ether dari 3 ETH menjadi 2 ETH per blok.

Hardfork lain, dijuluki "Istanbul," yang berbeda dari peningkatan ProgPow, direncanakan untuk Oktober 2019. Peningkatan Istanbul adalah bagian dari siklus peningkatan berkala dan diharapkan untuk mempertahankan jaringan.

Mengenai waktu dan tanggal pasti dari peningkatan ProgPow, itu tidak pasti. Namun, kami dapat mengharapkan pembaruan saat pengembang Ethereum berikutnya mengadakan panggilan dev pada 18 Januari.

Sebagaimana dinyatakan oleh Swende:

Mari kita lakukan beberapa pekerjaan rumah sampai dev pengembang inti berikutnya dan lihat bagaimana orang dapat menerapkan [ProgPoW] ke dalam kerangka kerja mereka dan mungkin kita bisa membicarakan tentang waktu dalam dua minggu.

@investinblockchain - BPI

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment