Wednesday, January 23, 2019

Bank Arab Saudi dan UEA Meluncurkan Pilot Initiative Cryptocurrency - Mungkinkah Mereka Menggunakan Teknologi Ripple?


Cryptocurrency dan teknologi blockchain mulai merambah ke bisnis perusahaan dunia nyata.

Ripple telah bermitra dengan lebih dari 200 lembaga keuangan, survei blockchain global 2018 di Deloitte menunjukkan bahwa 95% perusahaan yang disurvei berinvestasi dalam teknologi blockchain, dan daftarnya terus berlanjut.

Berita adopsi blockchain positif terbaru datang dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) karena bank mereka mengadopsi teknologi blockchain dan meluncurkan cryptocurrency

Aliansi Saudi-Emirat


Menurut Kantor Berita Emirates, Komite Eksekutif Dewan Koordinasi Saudi-Emirati membahas 7 inisiatif yang akan membantu mewujudkan visi bersama mereka tentang integrasi ekonomi, sosial dan militer.

Inisiatif akan diimplementasikan sepanjang 2019.

Komite ini terdiri dari 16 anggota dari UEA dan Arab Saudi. Anggota-anggota ini mewakili salah satu aliansi ekonomi terkuat di dunia, karena dana kekayaan kedaulatan gabungan kedua negara adalah yang terbesar kedua di dunia.

Meluncurkan Cryptocurrency Antar Bank


Mengenai inisiatif strategis mereka untuk integrasi bilateral di bidang jasa dan pasar keuangan, aliansi Saudi-Emirat telah memutuskan untuk bereksperimen dengan teknologi blockchain dalam operasi keuangan mereka antara kedua negara.

Selama pertemuan terbaru mereka, kedua negara meluncurkan cryptocurrency pilot bersama untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas antar bank. Awalnya, cryptocurrency akan digunakan secara ketat berdasarkan eksperimen untuk memahami implikasi teknologi blockchain.

Tidak ada rincian yang diberikan tentang teknologi blockchain yang mendasari cryptocurrency mereka beroperasi. Siaran pers hanya mencatat bahwa mata uang digital bergantung pada penggunaan database terdistribusi antara bank sentral dan bank yang berpartisipasi dari kedua negara.

Menambah hal di atas, siaran pers mencatat apa yang diharapkan oleh aliansi untuk dicapai dengan proyek cryptocurrency eksperimental mereka:

Ia berupaya melindungi kepentingan pelanggan, menetapkan standar teknologi, dan menilai risiko keamanan siber. Proyek ini juga akan menentukan dampak mata uang pusat pada kebijakan moneter.

Bisakah Cryptocurrency Saudi-Emirati Menggunakan Teknologi Ripple?


Tidak banyak lagi yang diketahui publik tentang inisiatif blockchain bersama ini, tetapi ada ruang untuk beberapa spekulasi mengenai detail proyek.

Sebagai contoh, sangat mungkin bahwa blockchain cryptocurrency akan bersifat pribadi sehingga masyarakat umum tidak dapat melihat aktivitas transaksional antara kedua negara. Karena blockchain terpusat, ada kemungkinan bahwa otoritas terpusat akan dapat membalikkan transaksi, jika perlu.

Selain itu, orang dapat berspekulasi bahwa aliansi Saudi-Emirat tidak membangun cryptocurrency dan blockchain mereka sendiri, tetapi lebih mengadopsi jaringan yang sudah ada yang telah dicoba, diuji dan terbukti berhasil.

Satu crypto yang tampaknya diadopsi aliansi dan bereksperimen dengan Ripple yang dirancang khusus untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas antar bank. Terlebih lagi, teknologi blockchain Ripple, dan dalam beberapa kasus, cryptocurrency (XRP), telah diuji coba dan diimplementasikan ke berbagai lembaga keuangan.

Salah satu integrasi Ripple yang paling terkenal adalah dengan salah satu bank syariah terbesar di dunia, Kuwait Finance House (KFH). Sementara Kuwait dan KFH tidak terpisah dari UEA atau Arab Saudi, ini adalah negara perbatasan bagi kedua negara.

Tidaklah mengherankan untuk mengetahui bahwa teknologi blockchain Ripple mungkin berada di belakang proyek cryptocurrency Saudi-Emirati. Bagaimanapun, Ripple sejauh ini merupakan proyek cryptocurrency terkemuka di sektor perbankan, dengan implementasi, koneksi, dan jaringan terbanyak dengan bank di seluruh dunia.

Pada saat ini, apakah teknologi blockchain dan cryptocurrency Ripple terlibat dalam inisiatif cryptocurrency Saudi-Emirati adalah murni spekulasi. Kita harus menunggu dan melihat ketika proyek mereka terbentang pada tahun 2019.


investinblockchain - BPI @bpiinf
https://t.me/bpiinf

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment