Monday, November 6, 2017

Mutiara dalam Kesulitan


DUNIA HAWA “Saya dulu tidak pernah paham kenapa seorang bunda Teresa mau dengan rela meninggalkan duniawinya dan terjun dalam kemiskinan?

“Terkadang Allah mengambil segalanya dari seorang hambaNya, hanya supaya dia mengenal Tuhannya.. “ Imam Ali as 

Saya baru tahu jawabannya ketika berada pada titik tersulit dalam hidup..

Kesulitan, yang bagi sebagian orang dianggap dunia mengerikan, ternyata adalah dunia indah yang penuh dengan mutiara kehidupan. Itulah kenapa bunda Teresa tidak mau beranjak dari sana sampai akhir hayatnya..

Tapi level saya belum setinggi beliau. Jika bunda Teresa dengan rela terjun dalam kemiskinan, saya harus dipaksa untuk berada di dalamnya..

Bahkan untuk kembali kesana saja, sudah terbayang betapa mengerikan. Saya tidak sanggup jika tidak didorong dan dipaksa. Saya bersyukur hanya diberi kesempatan mengalaminya sebentar saja. Sekitar 5 tahun kalau tidak salah..

Itulah kenapa tingkat spiritualitas manusia bertingkat-tingkat. Levelnya berbeda-beda. Untuk menyingkirkan berhala dalam diri manusia, terkadang Tuhan harus merampasnya hanya supaya manusia mengenal diriNya.. “

Temanku bercerita sambil mengingat kembali masa lalunya. Hidupnya adalah buku pelajarannya. Dan aku sedang memetik mutiara yang keluar dari ceritanya..

Secangkir kopi menjadi teman kami berbincang tentang bagaimana seharusnya hidup itu berjalan..

“Terkadang Allah mengambil segalanya dari seorang hambaNya, hanya supaya dia mengenal Tuhannya.. “ Imam Ali as 

@denny siregar 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment