Sunday, October 23, 2016

Selamat Hari Santri


DUNIA HAWA - Hari Santri Nasional 22 Oktober diperingati sebagai penghargaan khusus negara kepada para santri terutama santri Nahdliyin / NU atas darmabakti dan sumbangsihnya bagi negara mulai dari jaman perang memperebutkan kemerdekaan hingga peristiwa G 30 S PKI dan konsistensinya dalam menjaga Pancasila dan NKRI. Presiden Jokowi dulu sempat dibilang sinting oleh Fahri Hamzah dari PKS karena idenya untuk menjadikan Hari Santri dan itu hal yang bisa dipahami karena bukan rahasia lagi PKS dan kawan-kawannya memang kurang suka dengan NU yang dianggapnya tidak mendukung perjuangan mereka dalam mewujudkan Negara Islam.

Tanggal 22 Oktober dipilih pemerintah karena pada tanggal 22 Oktober 1945 pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad untuk membela negara dari kaum penjajah, Tapi kini penjajah Belanda sudah tiada lagi. Meski demikian Resolusi Jihad masih berlaku untuk memerangi kebodohan, kemiskinan serta radikalisme yang semakin merongrong dan mengancam keutuhan bangsa ini.

Dari berbagai gerakan Islam yang ada di Indonesia memang santri NU lah yang bisa dipercaya dan diharapkan komitmen serta konsistensinya dalam menjaga dan mempertahankan Pancasila dan NKRI dari rongrongan berbagai ideologi radikal yang saat ini semakin banyak tumbuh berkembang bahkan bisa mengancam keutuhan negeri ini. Hari Santri hanya ditujukan kepada para santri yang cinta kepada bangsa ini. Bukan kepada santri “aneh” yang anti Pancasila, anti NKRI, anti Bhinneka Tunggal Ika, anti pluralisme / kemajemukan, anti upacara bendera, anti kafir, pro Khilafah, pro kekerasan dan pro ISIS. Hari Santri sama sekali tidak berlaku bagi ormas kemarin sore yang tidak memiliki jasa dalam kemerdekaan tapi justru rajin merongrong negara seperti FPI, HTI, JI, MMI dan kawan-kawannya.

Selamat Hari Santri Nasional. Semoga darmabakti para santri kepada negeri tercinta ini bisa terus lestari. Amiiin.....

[muhammad zazuli]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment