Monday, September 5, 2016

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami & Ampuh


Dunia Hawa - Cara memutihkan gigi secara alami dapat dilakukan bagi kamu yang memiliki gigi kuning. Karena bahan yang digunakan adalah bahan alami, maka kita tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk memutihkan gigi. Cara-cara ini sering dilakukan oleh masyarakat terdahulu dimana belum ada teknologi canggih seperti sekarang.

Penyebab Gigi Berwarna Kuning


Sebelum kita mengetahui bagaimana cara memutihkan gigi, akan lebih baik jika kita mengetahui apa penyebab gigi berwarna kuning terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi berwarna kuning:

1. Malas menggosok gigi atau cara menggosok gigi yang dilakukan salah


2. Terlalu sering meminum teh herbal dan kopi


3. Efek nikotin dari rokok sehingga perokok aktif biasanya akan memiliki warna gigi yang kuning


4. Penggunaan obat tetes mata yang over


5. Sering mengonsumsi minuman penambah energi atau suplement


6. Menggunakan obat pemutih gigi yang tidak sesuai


Cara Memutihkan Gigi secara Alami


1. Arang Kayu


Mungkin, banyak di antara kamu yang terheran-heran mengetahui bahwa arang dapat digunakan untuk memutihkan gigi padahal arang sendiri memiliki warna hitam. Cara ini adalah cara tradisional dimana sering dilakukan oleh orang terdahulu untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Tapi, tidak sembarang kamu dapat menggunakan arang. Hal ini dikarenakan penggunaan arang pada gigi secara berlebih dapat merusak email dan mengakibatkan rasa sakit. Oleh karena itu, gunakan arang sewajarnya saja.

2. Siwak


Kita dapat merawat gigi dengan miswak atau siak dimana merupakan akar atau dahan pohon yag bisa digunakan untuk membersihkan gigi, mulut, dan gusi. Hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi orang muslim sejak dulu. Namun, tak sembarang bahan bisa kita gunakan. Kita harus memastikan bahwa akar atau dahan tersebut halus dan terjaga dari kuman. Cara menggunakan bahan ini adalah dengan menggeprek bagian ujungnya hingga membentuk serabut. Bagian serabut itulah yang kemudian digunakan untuk menggosok gigi. Cara memutihkan gigi secara alami dan permanen ini dapat dijadikan sebagai solusi gigi kuning kamu.

3. Strawberi


Hampir setiap orang suka dengan buah strawberi karena rasa segar yang diberikannya. Selain itu, ternyata buah masam ini dapat digunakan untuk membersihkan gigi. Tidak hanya buah strawberi yang dapat memutihkan gigi, tapi wortel, apel, dan seledri juga dapat. Menggunakan bahan ini tidak akan menyita banyak waktu karena kamu tidak harus membuat ramuan tetapi cukup dengan memakannya.

4. Baking Soda


Dipercaya bahwa baking soda dapat menghilangkan noda pada gigi. Baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat berguna untuk cara memutihkan gigi secara alami dengan cepat. Namun, penggunaan dengan sering juga bisa berdampak negatif bagi lapisan gigi. Gunakan maksimal satu atau dua kali setiap bulannya. Caranya dengan mengoleskan baking soda pada permukaan gigi dan biarkan hingga 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi.

5. Pasta Gigi Alami


Pasta gigi alami dapat kita buat dengan kulit jeruk dan daun salam. Keringkanlah kedua bahan tersebut. Setelah itu, tumbuklah dengan tambahan air dan aduklah hingga halus menyerupai pasta. Barulah kamu bisa menggunakan pasta ini sebagai pasta gigi dengan menggosok-gosokkannya pada gigi sebagai cara mendapatkan gigi putih.

6. Lemon & Garam


Pasta gigi juga bisa dibuat dengan lemon dan tambahan sedikit garam. Ramuan ini sudah dipercaya sejak dulu untuk memutihkan gigi. Namun, jangan menggunakannya dengan sering karena bisa merusak lapisan email gigi.

7. Mengonsumsi Produk Susu


Beberapa produk susu, seperti keju atau jenis makanan yang lain (yogurt) mengandung kalsium tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa kalsium adalah zat yang sangat bermanfat untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi susu kaya kalsium dapat membantu kamu dalam memutihkan gigi. Selain itu, susu sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga akan lebih baik jika dikonsumsi secara rutin.

8. Berhenti Merokok


Seperti yang kita tahu bahwa salah satu penyebab gigi menguning adalah karena kebiasaan merokok. Oleh karena itu, berhentilah untuk merokok atau paling tidak kurangi sedikit demi sedikit. Selain mendapatkan gigi putih, kamu juga akan mendapatkan kesehatan tubuh yang lebih baik.

9. Kulit Jeruk


Siapa yang tidak tahu manfaat dan kandungan dari buah jeruk. Ternyata tidak hanya buahnya yang kaya akan manfaat, tetapi bagian kulitnya juga bisa kita gunakan untuk merawat gigi. Bagian kulit yang bisa digunakan adalah bagian dalamnya. Gosokkan kulit pada gigi secara hati-hati jangan sampai melukai gigi ataupun gusi. Namun, bagi kamu yang memiliki gigi sensitif harus lebih hati-hati karena dapat menimbulkan rasa nyeri terlebih dahulu. Lakukanlah kebiasaan ini secara teratur untuk mendapatkan gigi yang putih. Inilah cara memutihkan gigi secara alami dalam satu minggu.

10. Biji Buah Pinang


Buah tidak hanya digunakan di bagian dagingnya saja, tetapi bijinya juga bisa. Bahkan masyarakat jaman dahulu sering menggunakan biji buah pinang untuk membersihkan gigi. Caranya degan menghaluskan biji buah pinang terlebih dahulu. Kemudian gosokkan ke gigi menggunakan kain katun atau sabut pinang. Ternyata manfaatnya tidak hanya untuk memutihkan gigi tapi juga menguatkan gigi.

11. Menyikat Gigi Secara Rutin


Cara terakhir yang wajib dilakukan adalah dengan menggosok gigi. Diperlukan dua atau tiga kali dalam sehari untuk membersihkan gigi. Namun, tidak hanya kuantitasnya yang penting tapi bagaimana cara atau metode menggosok gigi yang baik dan benar juga perlu dilakukan. Diketahui jika menggosok gigi yang baik dilakukan minimal 3 menit. Selain itu, pilihlah sikat gigi yang tidak melukai gusi ataupun gigi.

Demikian cara memutihkan gigi secara alami yang efektif dan dapat membuat gigi putih berseri.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment