Saturday, September 24, 2016

Manfaat Lemon Untuk Wajah Cerah Berseri


DUNIA HAWA - Salah satu buah yang kaya akan manfaat adalah lemon, manfaat lemon untuk wajah telah dikenal sejak dulu sehingga tak heran jika banyak produk kecantikan yang telah memanfaatkan buah ini sebagai bahan dasarnya.

Buah berwarna kuning ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah yaitu vitamin B, vitamin C, protein, karbohidrat, dan potanium. Buah yang memiliki rasa manis keasam-asaman ini dapat berperan sebagai antibakteri dan antiseptik alami untuk mengobati masalah tenggorokan. Apa saja manfaat lemon untuk kecantikan wajah? Berikut beberapa manfaat lemon untuk wajah dan kulit.

Inilah Manfaat Lemon untuk Wajah


1. Lemon Dapat Mencerahkan Wajah


Apakah kamu merasa bahwa wajah sudah terlihat kusam? Jangan khawatir, ternyata ada juga khasiat lemon untuk wajah kusam yaitu mencerahkan wajah. Vitamin C sangat tinggi dalam lemon akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat jauh lebih cerah. Penggunaan lemon ini sangat mudah, buat jus lemon dengan membelahnya terlebih dahulu kemudian diperas.

Lalu, tambahkan 2 sendok teh madu ke dalam lemon dan aduk sampai rata. Madu akan menghaluskan kulit, tetapi bisa juga diganti dengan air ataupun air mawar jika bahan tersebut belum tersedia. Oleskan campuran lemon dan madu tersebut ke seluruh bagian wajah, diamkan 15 menit lalu bilas. Untuk hasil terbaik, lakukan treatment ini 1 kali seminggu. Niscaya wajah kusam bukan lagi menjadi masalah kamu.

2. Lemon Ampuh Mengurangi Jerawat Di Wajah


Manfaat lemon untuk wajah berjerawat adalah cara efektif secara alami dalam mengatasi jerawat di wajah. Masalah jerawat merupakan masalah yang banyak dialami oleh para remaja karena meningkatnya hormon dan wajah tidak mendapatkan perawatan yang baik sehingga banyak kotoran yang menyumbat pori-pori akhirnya menimbulkan jerawat.

Lemon yang kaya vitamin C ini ternyata memiliki manfaat lemon untuk wajah berjerawat, yaitu menguranginya dan menghilangkan bekas jerawat maupun flek hitam di wajah. Kandungan dalam lemon akan mengeringkan jerawat lebih cepat dan mencerahkan noda-noda hitam. Cara penggunaannya sangat mudah, pertama siapkan 1 buah lemon matang. Selanjutnya, belah buah lemon menjadi 2 bagian dan peras sampai keluar airnya. Campurkan air lemon yang masih pekat tersebut dengan sedikit air sampai menjadi agak encer.

Selanjutnya, celupkan cotton bud ke campuran air tersebut dan tempelkan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 sampai dengan 20 menit sampai air lemon di wajah kering. Bilas wajah dengan air dingin bersih dan keringkan. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Niscaya jerawat kita akan lebih cepat kering dan tidak meninggalkan bekas.

3. Lemon Mampu Mengontrol Minyak Di Kulit


Kulit berminyak dapat menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat, dan memiliki kulit berminyak dapat merusak penampilan seseorang karena muka akan terlihat seperti penggorengan yang mengkilat karena minyak. Bagi pemilik wajah berminyak, jangan khawatir karena ada juga manfaat lemon untuk wajah berminyak. Asam di lemon dapat meluruhkan minyak di wajah dengan baik dan wajah kita tak akan lagi terlihat sangat mengkilap saat difoto.

Perawatan wajah berminyak dengan lemon ini sangat sederhana, pertama siapkan 1 buah lemon segar. Kemudian, potong lemon menjadi 2 bagian. Basuh wajah dengan air hangat terlabih dahulu dan pastikan sebelumnya bahwa wajah memang dalam keadaan bersih. Gosok-gosokkan salah 1 bagian lemon ke seluruh wajah secara merata. Diamkan air lemon yang menempel di wajah tersebut selama 15 sampai dengan 20 menit hingga kering. Lalu, bersihkan kembali wajah menggunakan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari untuk benar-benar mengurangi minyak di wajah.

4. Menghilangkan Komedo


Salah satu penyebab timbulnya komedo adalah adanya penyumbatan pori-pori pada kulit wajah. Buah lemon dapat berfungsi efektif dalam mengangkat dan mengeluarkan kotoran yang dapat menyebabkan komedo pada wajah. 

Berikut cara penggunaan lemon untuk menghilangkan komedo di wajah:

• Siapkan satu buah lemon segar. 

• Peras lemon ke dalam mangkok.

• Oleskan air lemon itu pada bagian kulit wajah yang berkomedo dengan menggunakan kapas atau cotton bud.

• Diamkan sekitar 15 menit .

• Bilas dengan air bersih, keringkan dengan handuk lembut.

Lakukan secara rutin setiap hari setelah membersihkan wajah

5. Mengecilkan Pori-pori Pada Kulit Wajah


Membesarnya pori-pori kulit wajah dapat menyebabkan berbagai masalah seperti jerawat dan komedo yang dapat merusak penampilan kamu. Ternyata buah lemon mampu mengecilkan pori-pori di wajah secara alami. 

Berikut cara penggunaan buah lemon untuk mengecilkan pori-pori:

• Siapkan satu buah lemon segar. 

• Peras lemon ke dalam mangkok.

• Campurkan air lemon dengan sedikit air kemudian aduk hingga merata.

• Oleskan campuran air lemon itu pada bagian seluruh wajah dengan menggunakan kapas.

• Diamkan sekitar 15 menit, bilas dengan air bersih.

• Keringkan dengan handuk lembut. 

Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Lemon Dapat Melembabkan Wajah


Uniknya lagi, terdapat manfaat lemon untuk wajah kering yaitu melembabkan wajah sehingga bisa juga dijadikan pelembab alami. Vitamin yang terkandung di dalamnya akan menutrisi kulit sehingga kulit akan terasa lebih halus dan kenyal. Penggunaannya memang membutuhkan bahan lain seperti sedikit alpukat dan timun, tetapi kedua bahan tersebut juga sebenarnya mudah ditemukan di sekitar kita. Berikut adalah cara pengolahannya.

Pertama, siapkan satu buah lemon segar, setengah buah timun, dan setengah buah alpukat. Kemudian peras lemon sampai keluar airnya, tumbuk atau parut timun sampai halus, dan blender alpukat sampai teksturnya menjadi seperti krim. Siapkan wadah yang bersih, kemudian campurkan ketiga bahan tersebut sampai rata. Aplikasikan ke seluruh bagian wajah yang kering. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin yang bersih. Untuk melembabkan kulit secara optimal, lakukan treatment ini sebanyak 3 kali seminggu. Jika kamu tidak menggunakan moisturizer, langkah ini bisa dilakukan setiap hari (1 kali sehari).

Menakjubkan bukan manfaat lemon untuk wajah tersebut? Satu buah lemon saja ternyata bisa menghilangkan banyak masalah kulit wajah. Selain itu tidak ada efek samping yang dihasilkan oleh lemon selain berhati-hati terhadap penggunaan yang terlalu banyak karena bisa membuat wajah perih. Tunggu apa lagi, rawat wajah kamu dengan lemon sekarang.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment