Saturday, July 16, 2016

Siapa Dibalik Kudeta Militer di Turki?


Dunia Hawa – Masih terlalu dini mengatakan dengan pasti bahwa kudeta terhadap Presiden Erdogan di Turki telah berhasil. Laporan terbaru berbicara tentang bentrokan bersenjata antara militer Turki dan sipil yang menentang kudeta. Hal ini masih memungkinkan kudeta gagal.

Namun, fakta menunjukkan Erdogan tidak memiliki akses ke televisi nasional dan mencari dukungan kepada pengikutnya melalui sebuah wawancara dengan CNN Turk yang dilakukan melalui ponsel dan FaceTime, menunjukkan ia kehilangan kendali. Ia juga meminta para pengikutnya untuk turun ke jalan untuk memprotes kudeta -yang bertentangan dengan meminta mereka untuk tetap tenang- juga menunjukkan bahwa ia kehilangan kendali dan menunjukkan militer tidak lagi menaati Erdogan. NBC yang mengutip sumber militer AS mengatakan, pesawat Presiden Erdogan ditolak mendarat di bandara Istanbul. Jika demikian, maka ia benar-benar telah kehilangan kendali.

Terlepas dari keberhasilan atau tidaknya kudeta, sebagian seorang pejabat Uni Eropa telah menunjukkan bahwa ini jelas kudeta yang didalangi oleh sebagian besar militer, di mana sejauh ini tidak ada dari militer yang menetang kudeta yang sedang berlangsung. Bahkan ada melaporkan yang menyatakan bahwa unit militer Turki sedang ditarik dari Irak dan sedang ditransfer ke Ankara untuk mendukung kudeta.


Ada informasi yang cukup untuk mengatakan siapa komplotan kudeta dan apa niat mereka. Mungkin ini masih beberapa dugaan:

(1) Kudeta ini direncanakan dengan hati-hati dan disiapkan secara kerahasiaan serta melibatkan lebih dari satu cabang dari militer Turki. Selama pemerintahannya, Erdogan telah membangun jaringan intelijen yang rumit di dalam Turki, yang justru untuk melindungi dirinya dari kudeta seperti ini. Dia juga mendapat dukungan dari polisi, yang telah dikemas menjadi pendukungnya. Meskipun kudeta ini tampaknya melibatkan seluruh militer telah meluncurkan konspirasi luas dan terorganisasi dengan baik.

Kudeta telah di persiapan beberapa bulan sebelumnya. Jika demikian, maka tidak mungkin kudeta itu dipicu oleh permintaan maaf Erdogan kepada Rusia atas insiden penembakan SU24 yang jatuh pada November tahun lalu. Sebaliknya, tampaknya lebih mungkin Erdogan membuat permintaan maaf itu karena ia merasakan situasi dengan militer memburuk dan mengambil langkah itu untuk menenangkan mereka.

Hal ini lebih mungkin, bahwa perencanaan kudeta dimulai pada awal tahun saat Erdogan berencana untuk mengirim pasukan Turki ke Suriah untuk membantu para pemberontak disana. Proposal intervensi militer di Suriah diketahui telah populer di kalangan militer Turki, dan mungkin hal ini yang memicu rencana kudeta.

(2) Erdogan menyalahkan gerakan Islam Gulen atas kudeta yang sedang berlangsung. Sementara itu, tampaknya lebih mungkin bahwa komplotan kudeta adalah petugas Kemalis. pengumuman mereka berbunyi sebagai berikut:

“Angkatan Bersenjata Turki telah benar-benar mengambil alih pemerintahan untuk mengembalikan tatanan konstitusional, hak asasi manusia dan kebebasan, aturan hukum serta keamanan umum yang rusak. Semua perjanjian internasional yang masih berlaku. Kami berharap bahwa semua hubungan baik kami dengan semua negara akan terus berlanjut.”

Seperti apa masa depan Turki, sementara ini sulit untuk diprediksi, harus ada perhatian serius bagi masa depan negara itu. Karena jika tidak, akan menimbulkan perang saudara.

Pada tahun 1960 tentara Turki menggulingkan pemimpin Turki sebelumnya berorientasi Islam -Perdana Menteri Adnan Menderes- akhirnya setelah dia dieksekusi. Api konflik politik di Turki pada 1970-an telah membawa Turki ke ambang perang saudara. Kudeta kali ini menandakan situasi destabilisasi oleh kebijakan Erdogan yang semakin aneh.

Situasi di Turki saat ini terlihat lebih berbahaya daripada pada tahun 1960 an, dimana kekerasan dan kelompok-kelompok ekstrimis tumbuh subur setelah negara itu membuka negaranya untuk lalu lintas teroris, pemberontakan Kurdi, dan keterlibatan Turki dalam perang di Suriah.

Ini akan mengambil keterampilan politik yang besar dan keberanian untuk mengatasi krisis, dan saat ini tidak jelas apa yang akan terjadi beberapa hari kedepan. 

[arrahmanews]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment