Monday, July 25, 2016

Mata Sering Berair dan Cara Mengatasinya


Dunia Hawa– Sebenarnya mata berair bukanlah gangguan yang sangat serius, tetapi bila terus di acuhkan akan sangat menganggu aktivitas keseharian anda. Ketika kita mengedip, kelenjar dibagian kelopak mata kita akan memproduksi sedikit air mata hal itu berguna untuk melembabkan indera penglihatan kita dan juga berguna untuk membersihkan mata kita dari benda-benda asing.

Air mata akan menjadi banyak ketika kita sedang menguap, tertawa hingga terbahak-bahak dan juga disaat anda menangis, tetapi ada sebagian orang yang mengalami mata berair secara terus-menerus. Kondisi ini bisa menyerah siapa saja dari balita hingga orang dewasa dan bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata kita.

Masalah ini akan berkembang jika anda terkena sindrom mata kering. Karena bila sudah terkena sindrom mata kering, secara reflex mata anda akan menghasilkan lebih banyak air mata. Ada sebagian juga disebabkan oleh sistem aliran mata kita.

Secara normal, air mata kita akan mengalir kebawah kelopak mata dan akan turun melewati bagian hidung. Tetapi jika sistem aliran anda terhambat oleh sesuatu, hal itu menyebabkan menumpuknya air mata dan menyebabkan mata terus berair.

Berikut ini adalah kondisi dimana bisa menyebabkan mata berair, sebagai berikut :

1. Faktor cuasa dan lingkungan disekitar kita seperti asap, debu, atau sinar yang terlalu terang.

2. Mata menjadi lelah karena kurang istirahat.

3. Flu juga penyebab mata kita menjadi berair

4. Bulu mata yang tumbuh kedalam

Selain itu, gejala bila anda akan terkena penyakit mata berair ini diantaranya penglihatan anda akan menjadi kabur, iritasi dibagian kelopak mata, ada benjolan dibagian sudut mata anda dan mata akan memerah dan terkadang akan terasa gatal.

Bila anda merasa mata anda akan mengeluarkan cairan, janganlah mengucek mata anda, hal itu akan menyebabkan mata memerah dan juga terasa perih.

Pada kasus ini, terjadi efek kombinasi dari menutup mata dan kekuatan mengucek mata yang bisa menyebabkan meningkatnya tekanan menjadi lebih tinggi. Tekanan yang normal ke mata akan memberikan konsekuensi yang sedikit, tetapi bila anda mengucek dengan keras itu akan meningkat 10 kali lebih tinggi dari tekanan normal. Dan bila hal itu dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan kerukan pada mata seperti glaucoma, lebih cepat anda terkena rabun jauh, atau yang lebih fatal bisa menyebabkan kematian. Mengerikan bukan?

Sebaiknya hindari beberapa hal ini yang dapat menyebabkan mata anda berair, yaitu :

1. Tidur dengan wajah tertunduk atau mata anda bersentuhan pada bantal. Kalau anda sering membersihkan bantal sih boleh-boleh saja, tetapi kalau yang jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan sebaiknya hindari ini, karena bisa saja bantal itu terdapat debu atau bahkan kutu yang dapat membuat mata anda iritasi.

2. Mengucek mata juga dapat membuat iritasi dibagian mata anda, dan akan membuat mata anda kering dan akan terasa perih. Sebaiknya hindari mengucek mata secara berlebihan.

3. Menundukan kepala juga bisa membuat mata anda berair, hal itu karena menunduk bisa meningkatkan tekanan. Karena itu jika anda sedang membaca, disarankan posisi anda duduk.

Sebenarnya, penyakit mata berair ini tidaklah membutuhkan perawatan yang serius dikarenakan mata berair ini akan sembuh / membaik dengan sendirinya. Tetapi terkadang, hal ini bisa menyebabkan masalah kronis dan membutuhkan perawatan khusus.

Berikut adalah cara mengatasi mata air sesuai dengan penyebabnya, diantaranya adalah :

• Mengompres mata anda dengan handuk hangat selama 3 kali dalam sehari atau lebih, hal ini bisa mengatasi saluran air mata yang tersumbat.

• Bila mata anda kering, anda bisa menggunakan obat tetes mata untuk mendapatkan sedikit cairan dari obat tetes.

• Biasanya dokter akan meresepkan obat seperti antibiotic untuk mengatasi mata berair yang disebabkan oleh konjungtivitis.

• Mengonsumsi obat antihistamin bisa sangat membantu anda bila anda terkena mata berair yang disebabkan oleh alergi.

• Biasanya dokter akan mereferensikan anda untuk operasi bila ada penyumbatan dibagian saluran air mata anda.

Sebenarnya mata berair ini bila anda tidak merasa terganggu, perawatan tersebut tidaklah diperlukan. Tetapi, bila mata anda berair dan di sertai rasa sakit, mata memerah, iritasi, pendarahan, memar disekitar mata, atau gangguan penglihatan, segera konsultasikan kepada dokter mata.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment