Thursday, April 14, 2016

Resep Steak Ikan Salmon

Dunia Hawa - Ikan salmon merupakan ikan yang memiliki banyak kandungan gizi yang berguna bagi tubuh manusia. saking banyak manfaatnya, ikan salmon ini banyak di jadikan berbagai macam resep makanan yang lezat. tapi sebelumnya bagi Anda yang belum tahu tentang ikan ini, akan dijelaskan tentang ikan salmon.

Salmon merupakan sejenis ikan laut yang berasal dari famili Salmonidae. Ikan salmon merupakan spesies yang biasanya bermigrasi untuk berkembang biak, jadi dipastikan ikan salmon suka berkoloni dalam jumlah yang besar. Sebelum kita berbicara mengenai resep masakan ikan salmon, kita bahas terlebih dahulu kandungan gizi pada ikan salmon. Ikan salmon termasuk salah satu ikan yg memiliki banyak kandungan gizi yang sangat tinggi.

Cara makan ikan ini cukup unik, ikan salmon memakan ikan kecil disekitarnya dan memakan rumput laut, sehingga ikan salmon banyak memiliki kandungan omega 3 yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya darah menggumpal, dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh dan mencegah penuaan dini karena perlindungan terhadap sel-sel pada otak dari omega 3 ini.

Selain omega 3, ikan salmon memiliki kandungan protein tinggi dan memiliki antioksidan co-anzyme. Omega pada ikan salmon dipercaya mampu meningkatkan kadar level serotonin, artinya mempengaruhi unsur kimia pada bagian otak yg dapat membuat perasaan senang dan gembira.

Selain omega 3, kandungan antioksidan yang terdapat pada ikan salmon akan menghasilkan vitamin C dan vitamin E. protein yang terdapat pada ikan ssalmon dapat menyegarkan sel-sel pada kulit, sel otak, dan lain-lain yang dapat menyehatkan tubuh. Begitu banyak kandungan gizi pada ikan salmon sehingga sangat direkomendasikan menjadi bahan utama sebagai menu utama untuk makan.

Ada satu resep masakan ikan salmon yang direkomendasikan untuk Anda, yaitu steak ikan salmon. Jika Anda yang hobi berwisata kuliner atau bagi Anda yang gemar memasak, disini akan dijelaskan resep mengenai cara pembuatan seak ikan salmon dengan ditambahkan dengan side dish dan beberapa sayuran yang sudah di kukus sebagai bahan pelengkap steak ikan salmon.

Bahan-bahan :
• siapkan fillet ikan salmon sebanyak 500 gram
• 1/2 sendok makan kecap asin, utamakan tanpa msg
• 1 sendok teh garam secukupnya
• 1/2 sendok makan jeruk lemon yang sudah di peras
• 3 sendok makan minyak zaitun atau minyak sawit atau minyak kanola

Bahan Pembuatan Saus Jamur :
• kaldu ayam sebanyak 300 ml
• 1,5 sendok makan tepung terigu
• 60 gr jamur kancing kemudian di cincang kasar
• 30 gr paprika lalu di potong-potong seperti dadu kecil
• 1/2 sendok makan seledri lalu di cincang halus
• 1 sendok makan bawang bombay, kemudian di cincang halus
• 1/2 sendok teh garam

Bahan Untuk Sayur Pelengkap :
• siapkan 50 gr brokoli lalu dipotong sesuai kuntum dengan benar
• 50 gr wortel yang dipotong seperti balok panjang
• semua bahan-bahan tersebut ditumis dengan ditambahkan sedikit minyak

Cara Pembuatan :
1. setelah dipersiapkan barang bahan, pertama lumuri fillet ikan salmon dengan garam secukupnya ditambah kecap asin dan jugs air jeruk lemon. setelah itu diamkan sesaat agar bumbu yang sudah diracik tersebut meresap ke semua bagian.
2. pada steak pan, minyak yang sudah disiapkan dipanaskan lalu fillet ikan salmon dimasukkan kedalam steak pan kemudian di masak, lakukan pembolak balikkan ikan salmon tersebut hingga matang, tuuan dibolak balikkan agar bumbu menjadi menyebar dan meresap ke semua bagian.
3. Untuk pembuatan saus jamur, langkah pertama siapkan dan panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bawang bombay sampai aromanya harum.
4. Masukkan tepung terigu dan di aduk hingga rata lalu tuangkan kaldu jamur, paprika, garam, dan terakhir daun seledri.
5. Masak semua hingga mengental kemudian angkat.
6. ikan salmon yang sudah matang, kemudian dilumuri dengan saus yang sudah disiapkan tadi.

Nah, itulah resep masakan ikan salmon untuk steak ikan salmon yang bisa Anda nikmati. Semoga bermanfaat

[resep dapur ibu]

Lela Fitriani

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment