Saturday, April 16, 2016

Babymoon Liburan Romantis Saat Hamil


Dunia Hawa - Berbagai perubahan yang terjadi setelah si kecil lahir membuat Mama dan Papa akan kesulitan untuk mendapatkan waktu luang untuk berlibur selama beberapa saat. Kurangnya kesempatan untuk menikmati liburan setelah si kecil lahir inilah yang membuat banyak calon Mama dan Papa melakukan babymoon alias liburan saat hamil sebelum si kecil lahir.

Berminat melakukan babymoon? Perhatikan beberapa tips berikut ini untuk babymoon yang menyenangkan:

1. Saat paling tepat untuk melakukan babymoon adalah pada trimester ke-dua. Pada saat ini, masalah seperti mual sudah mulai berkurang dan kehamilan Mama belum terlalu besar. Menurut The American College of Obstetrics & Gynecology, saat terbaik untuk bepergian adalah saat kehamilan berumur 18-24 minggu.

2. Lokasi yang dipilih sebaiknya tidak terlalu jauh, sehingga perjalanan tidak membutuhkan waktu terlalu lama.

3. Tiap maskapai penerbangan memiliki ketentuan yang berbeda dalam menetapkan umur kehamilan yang masih diperbolahkan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat. Kalau Mama berencana bepergian dengan pesawat terbang, jangan lupa untuk memperhatikan ketentuan ini.

4. Beritahukan rencana perjalanan Mama ke dokter kandungan, sehingga dia bisa memberikan saran terbaik bagi Mama untuk menjaga kesehatan kehamilan Mama.

5. Pastikan lokasi liburan Mama memiliki fasilitas kesehatan yang memadai. Catat informasi mengenai rumah sakit terdekat dari tempat Mama menginap.

6. Hindari duduk terlalu lama selama perjalanan. Jadi, usahakan untuk berdiri dan berjalan-jalan setiap 1-2 jam sekali untuk menjaga sirkulasi darah Mama. Selama perjalanan, angkat sedikit kaki Mama untuk mencegah kaki kram serta bengkak.

7. Pasang sabuk pengaman dengan tepat. Sabuk pengaman bagian bawah sebaiknya berada di bagian bawah perut Mama, sehingga tidak akan menyakiti perut Mama.

8. Jaga asupan cairan selama perjalanan untuk menghindari dehidrasi Dengan persiapan yang cermat, babymoon romantis akan berjalan menyenangkan tanpa mengganggu kesehatan kehamilan Mama. Selamat berlibur.

Nadia Mulya  
AHLI SEPUTAR GAYA HIDUP MAMA HAMIL

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment