Wednesday, March 23, 2016

Resep Masakan Ikan Tenggiri Masak Garo Rica


Dunia Hawa - Salah satu ikan air laut yang juga digemari masyarakat Indonesia adalah ikan tenggiri. Ikan tenggiri memiliki kandungan nilai gizi yang lengkap, salah satunya adalah Omega 3. sedikit menjelaskan tentang omega 3, berdasarkan sumber terpercaya bahwa omega 3 merupakan jenis lemak yang paling baik sebagai peningkatan kesehatan pada tubuh.

Zat gizi ini merupakan zat yang berperan vital untuk kesehatan dan pencegah munculnya beberapa penyakit degeneratif. Bahkan sejatinya omega 3 ini diperlukan sejak masih dalam janin dan pada prosesnya mengoptimalkan pertumbuhan sel otak dan peningkatan kecerdasan anak.

Tidak terbantahkan bahwa kandungan protein dari ikan ternyata lebih tinggi daripada protein pada kacang-kacangan atau setara dengan protein pada daging dan proteinnya sedikit di bawah protein telur. Asam lemak pada ikan adalah termasuk asam lemak esensial yang bersifat tidak jenuh.

Fungsi dari asam lemak tidak jenuh dapat menjaga kestabilan tingkat kadar kolesterol pada tubuh. Ikan tenggiri dikenal memiliki tingkat asam lemak omega yang cukup tinggi yang memiliki manfaat dalam tingkat penurunan kolesterol juga penyuplai nutrisi sel pada otak.

Ikan memiliki kandungan berbagai mineral yang berguna bagi tubuh manusia seperti zat besi, yodium, selenium, dan seng. Zat yang lebih mudah diserap adalah zat besi dari yang berasal dari kacang-kacangan. Fungsi dari zat besi sangat berperan penting untuk pencegahan penyakit anemia.

Yodium dapat mencegah penyakit gondok, Selenium berfungsi sebagai antioksidan tubuh, sedangkan Seng berfungsi sebagai pembantu kinerja enzim dan hormon pada tubuh. Kandungan gizi dari ikan tenggiri setiap 100 gramnya adalah memiliki kalori sebanyak 112 kkal, kandungan protein sebanyak 21,4 gr, kandungan lemak sebanyak 2,3 gr, kandungan kolesterol sebanyak 0,03 gr dan kandungan zat besi sebanyak 0,9 mg.

Bagaimana, tertarik untuk menjadikan ikan tenggiri sebagai menu utama untuk keluarga ? kandungan gizi dari ikan tenggiri ini cukup banyak yang bisa menyehatkan tubuh Anda. Disini akan dijelaskan salah satu resep masakan ikan tenggiri yang bisa membuat Anda dan keluarga Anda ketagihan untuk memakannya lagi. resep itu adalah tenggiri masak garo rica.

Bahan-bahan tenggiri masak garo rica :
– siapkan 500 gram ikan tenggiri dalam bentuk steak
– siapkan 1 sendok makan air asam jawa
– siapkan 1 sendok teh garam meja
– siapkan 12 butir bawang merah segar lalu iris tipis-tipis
– siapkan 2 batang serai yang segar lalu ambil putihnya kemudian memarkan
– siapkan 3 lembar daun salam yang masih segar
– siapkan 500 ml air bersih
– siapkan 2 sendok makan kecap manis
– siapkan 2 sendok teh garam
– siapkan 1/2 sendok teh merica bubuk
– siapkan2 sendok makan minyak untuk menumis
– siapkan minyak goreng secukupnya

Bumbu lainnya :
– siapkan 5 siung bawang putih segar
– siapkan 8 buah cabai merah berukuran besar lalu di buang bijinya
– siapkan 6 butir kemiri lalu kemiri tersebut di sangrai
– siapkan 2 cm jahe segar
– siapkan 1/2 sendok teh jintan

Cara membuat resep masakan ikan tenggiri masak garo rica :
1. Ikan tenggiri yang sudah berbentuk berupa steak di lumuri dengan air asam jawa dan garam secukupnya lalu diamkan adukan tersebut selama kurang lebih 30 menit.
2. setelah itu goreng ikan tenggiri steak ke dalam minyak yang sebelumnya sudah dipanaskan dengan api sampai warnanya menjadi kecoklatan.
3. Bahan-bahan seperti bawang merah, serai, daun salam, dan bumbu di tumis dan di haluskan sampai bahan-bahan tersebut terasa harum dan tambahkan ikan tenggiri tadi lalu di aduk sampai merata sehingga bumbunya menjadi menyebar ke setiap bagian ikan tenggiri.
4. Masukkan sedikit demi sedikit air, kecap manis, garam secukupnya , dan merica bubuk secukupnya lalu masak sampai kondisi mengental dan bumbu meresap ke setiap bagian dari ikan tenggiri.

Nah, itulah resep masakan ikan tenggiri masak garo rica untuk Anda praktekan di rumah sebagai menu hari ini. Selamat mencoba

[resep dapur ibu]



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment