Saturday, March 26, 2016

Resep Es Manado Super Lezat


Dunia Hawa - Indonesia memang kaya akan ragam kuliner nusantara yang menggoda ya. Ya, salah satunya adalah daerah Manado. Manado pun punya aneka sajian kuliner yang menarik dan siap menggugah selera Anda. Tak hanya kuliner makanan saja, tapi kuliner minuman dari Manado pun ada yang cukup populer karena kelezatannya loh.

Ya, benar sekali. Namanya cukup mudah diingat karena memang menggunakan nama asal kotanya, yakni es Manado. Es manado ini merupakan sebuah minuman spesial dari Manado yang identik dengan warna putih.

Warna putih dari es Manado ini datang dari bahan dasar kuahnya yang berasal dari buah sirsat yang segar. Selain menyegarkan, buah sirsat ini ternyata juga kaya akan manfaat loh. Misalnya saja, khasiatnya yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menormalkan syaraf, anti bakteri, anti kanker, anti tumor.

Sirsat juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pencernaan loh. Tertarik? Coba resep es Manado berikut ini yuk.

Bahan yang diperlukan untuk membuat es Manado lezat :

•500 gram buah sirsat (ambil dagingnya buahnya saja)
•1 liter air kelapa muda
•1 buah kelapa muda (dikerok dagingnya)
•10 biji buah strowberi (potong kecil – kecil)
•100 gram nata de coco
•7 sendok makan susu kental manis putih
•1 kaleng buah leci kemasan (beserta air sari buahnya juga)
•Potongan es batu (kecil – kecil) secukupnya

Cara membuat es Manado lezat :

Membuat es Manado cukup mudah, pertama – tama, siapkan buah sirsat, ambil dagingnya saja dan bijinya dibuang. Karena buah sirsat memiliki biji yang kecil – kecil dan cukup banyak, jadi pastikan Anda lebih teliti dalam memilahnya agar tidak ada satu biji pun yang terlewatkan agar sajian Anda lebih sempurna.
Lalu, siapkan blender, dan masukkan daging buah sirsat ke dalamnya. Tambahkan setengah liter air kelapa muda, lalu blender keduanya sampai halus.

Selanjutnya, Anda bisa mulai menyiapkan gelas atau mangkok saji. Lalu, tuangkan buah sirsat yang telah diblender tadi ke dalam mangkok atau gelas saji yang telah disiapkan.
Lalu, siapkan buah kelapa muda, ambil dagingnya saja dengan cara dikerok.
Selanjutnya, masukkan buah kelapa muda ke dalam gelas saji. Tambahkan juga dengan nata de coco, potongan buah strowbery, beberapa buah leci kalengan dan sedikit airnya, dan juga air kelapa.
Setelah semua bahan isi tertata, tuangkan susu kental manis putih di atasnya dengan cara melingkar agar lebih rata.
Selanjutnya, masukkan juga potongan kecil es batu di atasnya.
Kucuri dengan susu kental manis putih pada bagian atasnya kemudian masukkan es batu kedalamnya.
Lalu, aduk perlahan saja agar isinya lebih rata. Dan es Manado spesial pun siap untuk Anda sajikan.
Nah, jadi, mudah bukan cara membuat es Manado lezat ini. Kombinasi resep es Manado ini memang sangat sempurna untuk menyajikan kesegaran. Aneka buah dan isinya menyatu dengan rasa kuah kental yang begitu menyegarkan.

Apalagi, rasa buah sirsat yang sedikit masam membuat kuah dari es Manado ini terasa sangat khas segarnya. Sajian segar ini tentu bisa jadi pelengkap sempurna ketika sedang berkumpul bersama kerabat atau sahabat terdekat.

Bahkan, tak sedikit juga loh yang memilih es Manado lezat ini sebagai sajian ketika sedang mengadakan acara tertentu. Semisal hajatan, arisan, pertemuan dan lainnya. Tentu saja dengan menyajikan es Manado lezat ini, tamu Anda akan merasa semakin dimanjakan.

Tapi, sebelum memilihnya menjadi sajian, lebih baik Anda mencoba sendiri dulu resep ini di rumah ya. Tertarik? Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

[resep masakan nusantara]





Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment