Tuesday, March 22, 2016

Langkah Meredakan Rasa Panik Jelang Hari Persalinan


Dunia Hawa — Mengandung selama sembilan bulan menguras banyak pikiran, energi, dan emosi. Alhasil, banyak ibu hamil yang merasa luar biasa takut dan mengalami kepanikan menjelang hari persalinan.

Segala pikiran berkecamuk menjadi satu membuat ibu hamil tanpa disadari terserang rasa panik berlebihan.

Oleh karena itu, untuk memudahkan dan melancarkan kehamilan hingga proses persalinan, simak empat kiat berikut ini:

Utarakan kekhawatiran Anda
Jangan takut dan malu untuk menanyakan segala hal yang perlu Anda ketahui seputar persalinan.

Maya Hammer, terapis di klinik ibu dan anak, menganjurkan agar ibu hamil banyak berkonsultasi dengan suami, keluarga, sahabat, dan dokter atau bidan yang akan menangani proses melahirkan.

Membicarakan dan mengekspresikan rasa takut, mimpi buruk, dan kekhawatiran bisa membuat ibu hamil memahami apa yang akan dihadapi sehingga memberikan pandangan mengenai bagaimana menanggulangi dan mengatasinya.

“Jika rasa takut tidak diungkapkan dengan baik, hal itu bisa berujung pada depresi dan serangan panik,” jelas Hammer.

Berlatih dan relaksasi       
Latihan mempraktikkan variasi posisi melahirkan bisa membuat proses bersalin lebih lancar.

Seorang bidan berpengalaman bernama Kelly Carrington menyarankan Anda untuk mulai melatih otak melihat kontraksi sebagai suatu sensasi yang akan membantu Anda bertemu si jabang bayi yang telah bergerak-gerak dalam perut selama sembilan bulan.

Selain itu, Carrington juga mengatakan bahwa ibu hamil jangan malas latihan pernapasan dan banyak beristirahat untuk menaklukkan rasa takut menjelang hari melahirkan.

Memilah beban pikiran
Jangan “menelan” seluruh beban pikiran dalam satu waktu dan berkepanjangan. Sebaliknya, cerdaslah membagi energi dan pikiran.

“Menjelang hari bersalin, aku mencari informasi dengan cara membelah topik. Aku bertanya, apa yang terjadi sebelum melahirkan, pada hari persalinan, dan segala yang terjadi selanjutnya,” jelas Carrington.

Menurut Carrington, jika Anda pintar membagi penyerapan informasi, maka Anda tahu bagaimana cara menghadapinya. Hal tersebut lebih memudahkan ketimbang menyerap segala informasi dan membuat ketakutan Anda semakin memuncak.

Bentuk tim pendukung
Suami, keluarga, dan sahabat adalah tim pendukung yang hebat yang akan memberikan semangat menghadapi hari persalinan.

Pilih orang-orang yang benar-benar peduli pada Anda, memiliki pikiran yang tenang, dan tulus menyayangi Anda.

Tim pendukung ini sangat penting untuk ibu hamil. Sebab, ibu hamil cenderung emosional dan tengah mengalami fluktuasi hormon naik turun.

[Todays Parent]



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment