Saturday, November 17, 2012

Rahasia Jamur Lingzhi Obat Herbal Ajaib

 

Jamur kayu yang satu ini makin moncer namanya untuk pengobatan. Dihitung-hitung ia bisa menyembuhkan 150 jenis penyakit. Tak heran, di Cina ia dikenal sebagai pohon kehidupan.

Jamur ini kerap disebut ling chih atau ling shi (ling zhi). Jamur ling zhi merupakan salah satu jenis jamur kayu dan telah dikenal sejak zaman Kaisar Shi Huang Ti (259-210 SM) di Tiongkok. Tak heran, mengingat jamur memang merupakan obat tradisional yang paling sering digunakan oleh masyarakat Tiongkok alias Cina. Bahkan merekalah pelopornya.

Dalam penggunaan awalnya, jamur kayu ini lebih dikenal sebagai obat awet muda. Hal ini diawali dari keinginan Kaisar dari Dinasti Wei untuk mencari sari tanaman jamur ling zhi (jamur reishi), yang diberitakan ampuh sebagai elixir of immortality (jamur awet muda yang membuat orang tidak mati-mati).

Si kaisar bahkan mengerahkan 3.000 prajurit dan perwira angkatan lautnya ke Jepang untuk memburu ling zhi Sejak itu, jamur ini menjadi jamu rutin kaisar. Bahkan tabib-tabib kerajaan memberikan ling zhi ini kepada selir-selir kaisar. Mereka yang mengonsumsi jamur ini secara teratur mengalami perubahan, yaitu warna mukanya menjadi lebih cerah, berseri, dan tampak lebih muda. 

Sejak itu banyak upaya untuk menggali khasiat ling zhi. Ia pun menjadi populer dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit ringan hingga ke penyakit yang boleh membawa maut seperti kanser. Ini telah menyebabkan masyarakat Cina menggelarkan ling zhi sebagai ‘Si Obat Dewa’.

Menurut sejarah Cina, sebelum membuat Kaisar sibuk mencarinya, cendawan ini ditemukan oleh seorang petani yang bernama Seng Nong yang juga digelari ‘Petani Yang Suci’. Menurut Seng Nong, ling zhi merupakan tumbuhan yang telah dicoba olehnya untuk pengobatan. Ia pun membuat manuskrip yang berjudul Herbal Seng Nong Klasik yang menjadi material pengobatan Cina dewasa ini.

Dalam manuskrip itu disebutkan ling zhi dapat mengembalikan tenaga hidup, meningkatkan energi, mengukuhkan otot dan tulang, melicinkan sendi-sendi, menajamkan intelektual, dan jika dimakan secara tetap dalam jangka waktu yang lama akan membantu untuk memperpanjang usia seseorang dalam hidup ini.

Ginjal Normal
Pada zaman dahulu masyarakat menggunakan kaidah tradisional dalam proses penyediaan ling zhi. Masyarakat Cina menggunakan cara merebus seperti halnya merebus herbal lain. Selain itu, mereka juga biasa menjadikan jamur ini serbuk, sehingga mudah dalam penggunaannya.

Benarkah jamur yang satu ini menyebabkan awet muda? Salah satu pakar jamur dan herbalis yang memiliki klinik di bilangan Fatmawati Jakarta, Dr Johanes Hendriato menjelaskan. “Jamur yang berwarna merah hitam ini sejak dulu dipercaya sebagai pohon kehidupan untuk mempertahankan dan memperpanjang umur,” jelasnya.

sumber :   http://forum.herbanusantara.com

Artikel Terkait