Saturday, October 13, 2012

Manfaat Yoga untuk Anak


Istilah yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang mengandung makna suatu pengetahuan menyeluruh tentang kehidupan, meliputi aspek pengembangan pribadi dan sosial.
Seni olah tubuh dan pernafasan yang berasal dari India sekitar 7.000 tahun lalu ini, telah menjadi tren di Indonesia sejak lima tahun terakhir. Bahkan, yoga yang semula dilakukan oleh orang dewasa, belakangan ikut melibatkan anak, tak terkecuali bayi.

Pendekatan yoga pada usia anak berbeda dari yoga pada dewasa. Inti yoga pada anak adalah bermain. Yoga untuk anak punya sejumlah manfaat yang mendukung tumbuh kembangnya.
Manfaat Bergaul di Luar Rumah bagi Anak 


Fisik motorik
Gerakan yoga dapat membantu kekuatan fisik anak baik dari segi otot, tulang, maupun mobilitas gerak motorik kasar dan fleksibilitasnya, selain juga membantu membuka kapasitas paru-paru sehingga pernafasan menjadi lancar, serta melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu, kerja hormon pun menjadi lebih seimbang sehingga berdampak pada pertumbuhan anak yang baik. Jadi, secara fisik motorik, yoga membuat anak sehat, aktif, gesit, dan lincah.

Kognitif
Gerakan yoga akan merangsang fungsi kerja otak serta meltih memori dan konsentrasi karena anak dilatih untuk mengingat gerakan yang kontinu dan berulang-ulang. Kekuatan konsentrasi dan memori ini dapat berdampak pula pada intelegensi anak, terlebih bagi anak usia sekolah akan sangat membantunya dalam menguasai materi pelajaran sehingga prestasinya pun baik.

Kreativitas
Adakalanya gerakan-gerakan yang ditiru anak tidaklah mudah dan anak dirangsang untuk berpikir bagaimana ia bisa melakukannya sehingga kreativitasnya meningkat. Demikian juga ketika anak terlatih fokus dan konsentrasi melakukan gerakan, kreativitasnya pun dapat terasah dengan baik.

Sosial emosi
Pada yoga ada gerakan tertentu yang bisa membuat anak merasa tenang dan percaya diri, seperti gerakan tekuk ke belakang dan tekuk badan ke depan. Selain itu, yoga juga membuat anak lebih menyadari akan dirinya dan lingkungan; anak bisa merasa dirinya lebih positif dan tak cepat marah; mood-nya lebih stabil karena selalu merasa happy.

Apalagi bagi bayi dan batita di mana yoga dilakukan bersama ibu, maka kedekatan anak dan orangtua terjalin dengan baik. Sementara bagi si usia sekolah, dengan melakukan yoga bersama teman sebaya akan mengasah kemampuannya beradaptasi, selain meningkatkan rasa percaya diri, dan belajar mengelola emosi.
 
Sumber : Tabloid Nakita

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment