Translate

Paling Populer

Saturday, September 22, 2012

Tanaman Obat Tradisional untuk Eksim


Eksim terjadi karena adanya peradangan pada kulit. Kulit terasa gatal,bagian kulit menjadi merah, kering dan bengkak. Eksim umunya terjadi pada bagian tangan dan kaki, tapi tidak menutup pada bagian tubuh lainnya.


Banyak hal yang menyebabkan terjadinya eksim, seperti rangsangan dai zat kimia seperti sabun atau deterjen. Selain itu faktor imun pada tubuh yang menurun atau kelelahan serta bisa juga suhu dan iklim di sekitar Anda.

Ada beberapa cara mencegah timbulnya penyakit eksim ini, yaitu dengan menjaga kelembaban kulit, hindari perubahan suhu yang mendadak, pilihlah sabun yang tepat, hindari keringat berlebih dan juga pilihlah makanan yang tepat dan tidak menyebabkab alergi.

Berikut obat tradisional untuk mengobati penyakit eksim ini:

* Pinang
Bahan:
- Pinang 2 buah
- Belerang 5 butir
- Minyak Kelapa 1 sendok makan
Cara membuatnya: Belerang dan Pinang ditumbuk halus. Tambahkan minyak kelapa. Panggang hingga mendidih. Dinginkan sampai hangat-hangat kuku. Oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim. Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali sehari secara teratur.

* Krokot
Bahan:
- Krokot
- Garam
Cara membuatnya: Cuci Bersih Krokot, kemudian ditumbuk halus. Aduk bahan tersebut dan oleskan pada bagian yang terkena eksim. Cara ini bisa dilakukan 3 kali sehari secara teratur.

* Kunyit
Bahan:
- Kunyit 5 ruas
- Kapur Sirih ¼ sendok the
- Jeruk Nipis 1 buah
Cara membuatnya: Semua bahan ditumbuk halus dan campurkan sedikit garam. Aduk bahan tersebut dan oleskan pada eksim. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari secara teratur.

* Daun Petai Cina
Bahan:
- Daun Petai Cina Muda
- Kapur Sirih
- Garam
Cara membuatnya: Daun Petai Cina ditumbuk halus dan campurkan sedikit garam dan kapur sirih. Aduk bahan tersebut dan oleskan pada eksim. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari secara teratur.

* Bayam Duri
Bahan:
- Bayam Duri 1 Potong
Cara membuatnya: Bayam Duri ditumbuk halus dan oleskan pada bagian eksim. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari secara teratur.

Biji Bungur
Bahan:
- Biji Bungur 5 gram
- Minyak Kelapa ½ sendok teh
Cara membuatnya: Biji bungur yang telah matang, disangrai dan kemudian ditumbuk halus. Tambahkan minyak kelapa dan aduk rata, oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari secara teratur.

sumber : tanaman obat

buka juga yang ini :  
Khasiat Buah Aprikot untuk Pencernaan

No comments:

Post a Comment